5 Tips Jitu untuk Menemukan Vendor Wedding Photography Terbaik

BSWF – Hampir setiap pasangan menginginkan momen istimewa mereka diabadikan sebaik mungkin ke dalam sebuah foto karena itu dokumentasi pernikahan atau wedding photography adalah sesuatu yang  tidak dapat dipisahkan dalam acara pernikahan. Agar hasil foto pernikahanmu sempurna kamu juga membutuhkan vendor wedding photography yang memang ahli dalam bidangnya.

Saat ini ada banyak vendor wedding photography profesional yang menawarkan jasanya, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Tapi menggunakan vendor yang mahal belum tentu menghasilkan foto sesuai keinginanmu. Kok, bisa? Tentu bisa. Ada banyak faktor yang  menjadi penyebabnya, seperti style vendor berbeda dengan style yang kamu inginkan hingga vendor sulit diajak berdiskusi dan cenderung lebih sok tahu karena merasa lebih professional.

Menemukan vendor wedding photography yang berkualitas itu sebeneranya mudah asal tahu apa yang kamu cari. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk menemukan vendor terbaik untuk pernikahanmu.

 

1. Tentukan Style yang Kamu Inginkan

Sebelum mencari vendor, kamu tentukan dulu style yang kamu inginkan untuk foto pernikahanmu. Ada bermacam gaya yang bisa digunakan, seperti dokumenter untuk kamu yang ingin gaya candid, portrait untuk kamu yang menginginkan foto bergaya klasik seperti zaman ayah dan ibu dulu, atau artsy untuk kamu yang ingin foto pernikahanmu menjadi sebuah karya seni artistik. Mengetahui style foto yang kamu inginkan akan sangat membantu pencarianmu lebih spesifik. Kamu tinggal mencari vendor yang memang memiliki spesialisasi dalam style tersebut.

 

2. Browsing

Setelah menentukan gaya foto yang kamu inginkan, mulailah browsing mencari berbagai vendor yang memiliki gaya seperti itu. Baca juga review dari berbagai pasangan yang baru menikah. Kunjungi juga website vendor tersebut untuk melihat hasil fotonya. Tak lupa juga cek juga media social mereka untuk melihat feedback dari konsumennya.

 

3. Buat Janji Bertemu

Jika kamu sudah menemukan vendor yang cocok coba buat janji bertemu dengan fotografernya untutk berdiskusi dan menanyakan ketersediaan tanggal. Sampaikan visi foto pernikahan yang kamu inginkan. Dari sini kamu juga dapat menilai apakah fotografer juga mudah diajak kerja sama dan mau mendengarkan permintaan dari kamu sebagai klien.

Selain itu minta juga kepada fotografer untuk membawa 2-3 buah contoh full album. Biasanya fotografer cenderung memajang foto terbaik mereka sebagai portofolio. Dengan melihat full album kamu dapat melihat kualitas hasil foto dari fotografer tersebut memang bagus secara keseluruhan.

Jika menurutmu semua sudah cocok konfirmasi kembali apakah sang fotografer bisa bertugas pada tanggal pernikahanmu nanti. Jika tidak minta rekomendasi fotografer lain yang kualitasnya mirip.

 

4. Bandingkan Paket yang Ditawarkan

Tanyakan pada fotografer mengenai paket yang ditawarkan. Berapa lama sesi dokumentasi berlangsung. Apakah paket sudah termasuk dengan foto pre-wedding. Berapa biaya untuk liputan tambahan. Dan sebagainya. Berbekal ini, kamu dapat membadingkannya dengan vendor lain juga.

 

5. Tanyakan Soal Kontrak

Umumnya foto pernikahanmu  menjadi hak milik vendor dan dapat digunakan sebagai materi promosi mereka. Ini berarti kamu tidak bisa mem-posting fotomu di media social begitu saja. Namun kebanyakan vendor fotografi pernikahan memiliki kebijakan yang mengizinkan klien untuk mem-posting dengan mencantumkan watermark atau mencantumkan nama mereka. Hak milik atas fotomu berarti juga kamu tidak bisa mencetak foto sembarangan kecuali lewat vendor tersebut. Jika kamu memiliki keberatan kamu dapat menegosiasikan kebijakan ini dari awal.

 

Demikianlah tips yang kamu dapat gunakan sebagai panduan mencari vendor wedding photography.

Sedang mencari vendor untuk mendokumentasikan momen bahagia pernikahanmu? Datanglah ke Balai Sudirman Wedding Fair. Temui bermacam vendor terbaik di Balai Sudirman Wedding Fair. Ikuti juga Instagram, Facebook, dan Twitter nya untuk mendapatkan info-info terbaru.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870