7 Tips Pintar Memilih Catering untuk Pernikahanmu

 

BSWF - Catering adalah bagian penting yang tak terpisahkan dari sebuah acara pernikahan. Bayangkan apa jadinya pesta pernikahan tanpa makanan prasmanan dan dessert yang lezat? Bagai sayur tanpa garam, tidak lengkap pastinya. Saking pentingnya sebuah catering, seringkali sukses tidaknya sebuah pesta pernikahan dinilai dari kualitas makanan dan pelayanannya.

Kamu pasti pernah membandingkan makanan di pernikahan teman yang satu dengan teman yang lainnya. Jika makanannya tidak enak atau sudah habis saat kamu datang, pasti timbul rasa kecewa. Tentunya kamu tidak mau membuat tamu undangan kecewa di hari istimewamu, kan.  Selain itu catering menempati porsi yang paling besar dari budget pernikahan kamu.  Jadi untuk memilih catering yang tepat untuk kebutuhan pesta pernikahan memang agak tricky. Namun dengan beberapa tips pintar berikut kamu bisa mendapatkan vendor catering yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

1. Cek Tanggal

Ini salah satu tips utama yang penting. Coba cocokan apakah vendor katering tersebut lowong pada tanggal pernikahanmu nanti. Umumnya sebuah vendor katering bisa melayani beberapa pernikahan dalam satu hari.  Jadi kamu tidak usah khawatir apabila vendor tersebut menerima order pada hari yang sama dengan tanggal pernikahanmu. Hanya saja kamu perlu menanyakan ada berapa pesta pernikahan yang mereka layani pada hari itu. Jika ternyata yang menggunakan jasa mereka  sangat banyak, lebih baik jangan. Kenapa? Karena takutnya catering tersebut kewalahan dan akhirnya malah tidak bisa memberikan pelayanan maksimal di pernikahanmu.

 

2. Survei

Jika ternyata katering yang kamu inginkan tidak dapat menerima order untuk tanggal pernikahanmu kamu dapat mencari katering alternatif yang sekelas dengannya. Kamu harus rajin-rajin survei untuk mencari katering yang tepat lewat browsing, bertanya kepada teman atau saudara, dan bergabung dengan forum-forum pernikahan.

Apa saja perbandingan yang kamu gunakan? Harganya sesuai dengan budget atau tidak, rasa makanannya enak atau tidak, testimoni mengenai performa dari pengguna lain, kemudahan komunikasi dan kordinasi.

 

3. Menu Andalan

Tiap katering pasti punya andalan. Nah, cari tahu apa saja yang menjadi menu andalan dari masing-masing katering. Ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu nantinya saat ingin memilih makanan.

 

4.Tes Makanan

Sebelum menjatuhkan pilihan kepada suatu katering, wajib bagi kamu mencoba makanan dari katering tersebut. Coba kunjungi salah satu pernikahan yang dilayani katering tersebut (untuk lokasinya kamu dapat bertanya langsung ke pihak katering). Di sini kamu dapat mencoba sendiri makanan yang disajikan. Usahakan untuk mencoba semua jenis makanan yang ada untuk mendapatkan gambaran keseluruhan kualitas rasa dari katering tersebut.

Selain rasa, kamu juga dapat menilai performa katering dengan melihat seberapa cekatan dan komunikatifnya para staf. Begitu juga dengan kebersihannya. Kamu juga dapat mencatat beberapa kekurangan yang bisa diperbaiki untuk kemudian kamu sampaikan ke pihak katering jika nantinya kamu memilih mereka. Pemilik vendor katering yang baik biasanya senang mendapat masukan.

 

5. Afiliasi dengan Gedung

Gedung pernikahan pun sekarang punya vendor catering. Biasanya jika kamu menggunakan vendor rekanan gedung, biaya charge gedungnya sedikit atau bahkan tidak ada – tergantung kebijakan gedung. Nah, kamu dapat menanyakan apakah vendor katering kamu termasuk rekanan gedung pernikahanmu. Atau untuk mudahnya kamu malah bisa juga memilih langsung vendor dari daftar rekanan gedung pernikahan.

 

6. Negosiasi Servis Tambahan

Setelah kamu tertarik dengan suatu vendor. Cobalah bertanya apakah kamu bisa mendapatkan potongan harga, bonus tambahan porsi makanan, atau servis tambahan yang menarik lainnya. Lumayan kan jika bisa mendapatkan bonus ekstra dengan harga yang sama.

 

7. Metode Pembayaran

Sesudah memutuskan untuk menggunakan sebuah vendor, coba negosiasikan metode pembayaran yang sesuai. Hindari membayar secara penuh di muka karena jika terjadi sesuatu yang tidak mengenakan dengan vendor kamu tidak memiliki posisi tawar yang baik. Idealnya kamu dapat membagi metode pembayaran menjadi tiga tahap, yaitu uang muka, pembayaran  kedua, setelah itu pembayaran ketiga setelah acara selesai. Dengan begini kamu tidak rugi jika terjadi apa-apa.

Itulah 7 tips pintar yang bisa kamu gunakan untuk menentukan vendor katering untuk hari istimewamu dan pasangan. Semoga membantu. Sukses untuk rencana pernikahannya ya!

Temukan juga vendor-vendor katering berkualitas untuk kateringmu di Balai Sudirman Wedding Fair. Ikuti kami di Facebook, Instagram, dan Twitter.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870