7 Tips Praktis untuk Memilih Cincin Pernikahan

BSWF –  Bagi sebagian orang  cincin pernikahan sudah merupakan bagian dari aksesoris  yang wajib dimiliki oleh sepasang suami istri. Cincin pernikahan juga merupakan sebuah tanda bahwa seseorang sudah menikah.

Cincin pernikahan umumnya digunakan seumur hidup karena itu dalam pemilihannya tidak bisa sembarangan dan kadang menjadi tantangan tersendiri untuk pasangan. Jika kamu sedang mencari cincin pernikahan untuk hari istimewamu , tips kali ini bisa membantu mempermudah pencarian cincin kawin yang kamu inginkan.

 

1. Rencanakan dari Jauh-Jauh Hari

Jangan tunggu sampai dekat-dekat waktu pernikahanmu untuk mencarinya.  Dengan mencari pada jauh-jauh hari, kamu dan pasangan memiliki lebih banyak waktu untuk mencari cincin yang kalian berdua inginkan. Selain itu dengan mencari lebih awal, kamu dan pasangan juga memiliki lebih banyak waktu menabung untuk membeli cincin itu. Terlebih jika kalian memesan cincin custom dengan ukiran nama kalian berdua.

 

2. Tentukan Budget

Ketika membuat budget pernikahan tentukan berapa dana yang akan kamu gunakan untuk pembelian cincin kawin. Cincin kawin tersedia dalam harga jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah. Dengan menentukan budget maka akan memperkecil lingkup pencarianmu berdasarkan harga. Tenang saja, selalu ada cincin cantik kok di setiap kategori harga.

 

3. Ketahui Jenis Logam

Sekarang cincin pernikahan hadir dalam berbagai jenis logam mulai dari emas, platina (emas putih), rose gold, hingga titanum. Ketahui masing-masing logam dan kegunaannya.  Untuk kamu yang menginginkan cincin pernikahan klasik emas sangat cocok untuk kalian. Jika kamu menginginkan cincin yang praktis, tahan lama dan tidak terlalu membutuhkan perawatan yang sering maka titanium bisa menjadi pilihan yang cocok. Sementara rose gold terlihat sangat manis di jari manismu.

 

4. Tanyakan Pasangan

Sebelum memilih cincin pernikahan, diskusikan terlebih dahulu cincin seperti apa yang ia inginkan. Bisa saja ia menginginkan cincin titanium sementara kamu menginginkan emas atau bisa saja dia menginginkan model yang klasik sementara kamu memilih model yang lebih trendi. Tak masalah bila kalian memiliki jenis cincin dari logam yang berbeda. Minta saja  penjual perhiasan untuk membuatkan sepasang cincin dengan bahan yang berbeda.

 

5. Ukur Dengan Benar

Cincin ini akan kamu gunakan dalam waktu yang sangat lama. Jarang sekali dilepaskan dan akan menempel pada jari manismu setiap saat. Entah panas atau dingin, langsing atau gemuk, bahkan saat hamil sekalipun. Karena itu saat kamu melakukan pengukuran, pastikan kamu saat ada dalam keadaan tenang dengan suhu tubuh normal. Jangan melakukan fitting cincin di pagi hari karena tubuh masih menyimpan garam dari malam sebelumnya. Jangan juga lakukan setelah berolahraga karena ukuran jari cenderung membesar.

 

6. Pikirkan Jangka Panjang

Tak ada salahnya kamu memilih cincin yang trendy, tapi pastikan model itu dapat bertahan hingga 20 sampai 30 tahun lagi. Cincin yang modelnya tak lekang oleh waktu selalu menarik.

 

7. Tanyakan Garansi Kepada Penjual

Saat membeli penting sekali menanyakan garansi cincin pada penjual. Apakah kamu mendapatkan fasilitas pembersihan atau mengubah ulang ukuran cincin secara gratis. Tanyakan juga apakah ada pergantian atau perbaikan apabila mata cincin lepas.

 

Demikianlah tips-tips praktis yang bisa kamu gunakan untuk membeli cincin kawin. Semoga berguna.

Jika kamu sedang mencari cincin kawin, jangan lupa pula untung mengunjungi Balai Sudirman Wedding Fair yang akan diadakan pada tanggal 23 – 26 Maret 2017. Ada banyak vendor jewelry yang memamerkan produk-produk cincin pernikahan terbaik mereka. Mungkin saja kan kamu menemukan cincin pernikahan idamanmu di sini. Untuk mendapatkan info terbaru, jangan lupa ikuti Facebook, Twitter dan Instagram Balai Sudirman Wedding Fair ya.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870