Percaya Tidak Percaya, Ini Lho Mitos-Mitos Unik Seputar Pernikahanmu

BSWF – Mitos tak pernah lepas dari kehidupan sebuah masyarakat, termasuk kita di Indonesia. Segala sesuatunya pasti memiliki mitos yang unik, seram, atau lucu. Mito-mitos ini  Pernikahan di Indonesia pun memiliki mitos sendiri. Namun namanya mitos belum tentu benar. Namun tidak ada salahnya mengetahui beberapa mitos seputar perkawinan di Indonesia. Apa saja? Yuk lihat di bawah ini.

 

Gaun Pernikahan Harus Putih

Hampir setiap pernikahan kita melihat pengantin perempuan mengenakan warna putih. Kabarnya menggunakan gaun putih adalah melambangkan kesucian. Padahal faktanya sah-sahnya mengenakan gaun berwarna apa saja dalam pernikahanmu. Hanya gaun berwarna putih memang lebih umum digunakan saat pernikahan.

 

Jangan Keluar Rumah Saat Dipingit

Saat dipingit seseorang perempuan dilarang keluar rumah sama sekali. Mitos ini sebenarnya muncul dengan tujuan mengurangi risiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat menjelang pernikahanmu, seperti mengalami celaka di jalan raya yang bisa saja terjadi apabila kamu tidak berhati-hati.

 

Menangis Pada Saat Pernikahan Tanda Banyak Rezeki

Menurut orang zaman dahulu menangis saat pernikahan adalah pertanda akan mendapatkan rezeki yang banyak. Cerita di balik itu adalah, jika pernikahan itu diibaratkan sebagai ladang maka air mata itu adalah air yang menyuburkan ladang itu. Padahal sebenarnya pasangan sering menangis haru karena bahagia saat pernikahan bukan. Namun karena filosofi dibaliknya baik, tidak salah juga diaminkan bukan.

 

Keromantisan Berkurang Setelah Menikah

Ada yang bilang setelah menikah api romantisme di antara kalian malah semakin meredup dibandingkan saat pacaran. Hal ini muncul karena setelah menikah akan ada banyak tanggungan. Kenyataannya tidak juga. Semua kembali kepada masing-masing pasangan tersebut. Malah banyak juga yang lebih bahagia karena menikmati proses menanggung tanggung jawab berdua setiap hari dengan cara saling mendukung.

 

Calon Pengantin Pria Dilarang Bertemu Pengantin Wanita

Ada beberapa budaya di Indonesia yang melarang pengantin pria bertemu dengan pengantin wanita sebelum hari pernikahan mereka. Ada beberapa alasan yang mungkin  saja menjadi dasar munculnya mitos ini, yaitu, sama seperti pada saat pingitan, agar keduanya terhindar dari hal-hal yang mencelakakan. Alasan selanjutnya adalah agar menghindari  keduanya melakukan hal yang belum sepatutnya dilakukan sebelum pernikahan.

 

Menikah Mendahului Kakak akan Mempersulit Dia Mendapat Jodoh

Mitos ini lumayan sering terdengar di Indonesia. Banyak adik yang biasanya mengulur waktu menikahnya hanya karena tidak ingin melangkahi . Sebenarnya sih tidak ada masalah untuk menikah jika ternyata jodohmu datang lebih dulu dari kakakmu. Namun karena budaya Indonesia kental dengan tata karma, di mana kita harus menghormati dan mendahulukan orang tua maka munculah mitos seperti ini. Percayalah jodoh sudah ada yang mengatur. Jika ternyata kamu lebih dulu menikah ketimbang kakakmu, yakinlah kamu tidak sedang mempersulit jalan jodoh kakakmu. Tetap minta izin kepada kakakmu untuk menikah lebih dulu dari kakakmu sebagai tanda kamu menghormati dia sambil tidak lupa mendoakan agar kakakmu dapat segera mendapatkan pasangan hidup.

 

Unik-unik ya mitos-mitos seputar perkawinan di Indonesia. Dalam menghadapi mitos kamu harus berpikir lebih terbuka dan kritis. Pahami bahwa ada hal-hal filosofis yang melandasi timbulnya mitos-mitos tersebut. Ambil yang baik, buang yang buruk.

Mau Hire Wedding Band? Yuk Cek Tips Berikut Ini

BSWF – Rasanya belum lengkap disebut sebuah pesta pernikahan jika tidak ada hiburan berupa musik. Entah itu menggunakan organ tunggal saja atau full band; diiringi musik tradisional atau musik modern, yang namanya hiburan musik akan melengkapi dan menjadikan pesta pernikahanmu lebih meriah.

Agar musik yang dimainkan benar-benar membuat pesta pernikahanmu semarak tentu ada beberapa hal yang kamu pertimbangkan dalam memilih dan menyewa vendor wedding band.  Kali ini tim BSWF akan memberikanmu beberapa tips yang kamu perlu perhatikan saat memilih band. Apa saja itu? Yuk, lihat di bawah ini

 

Pilih Vendor Sesuai Tema Pernikahanmu

Jika kamu menggelar acara pernikahan yang konsepnya tradisional atau Islami, ada baiknya mencari pemain musik tradisional atau pemain music yang biasa menyanyikan lagu-lagu Islami. Mengapa? Musik yang dimainkan akan memperkuat suasana tema pernikahan yang sedang kamu gunakan. Meski begitu, tidak salah juga jika kamu ingin menggunakan campuran musik tradisional dan musik modern apabila tamu yang hadir memiliki latar belakang yang berbeda.

 

Sesuaikan dengan Venue

Apakah tempat pernikahanmu memiliki tempat yang luas atau terbatas. Jika luas maka kamu bisa menyewa full band atau bahkan mini orkestra. Namu jika tempatnya terbatas kamu dapat menyewa vendor yang formasi pemusiknya lebih sedikit.

Tiap tempat juga memiliki keterbatasan seberapa keras suara yang diperbolehkan, sesuaikan band yang akan kamu sewa dengan keterbatasan ini.

 

Pilihlah Vendor yang Memiliki Reputasi Baik

Wedding band yang baik umumnya sudah bermain di puluhan ratusan acara pernikahan dan memiliki banyak pengalaman dan tingkat profesionalisme yang lebih tinggi. Pengalaman ini juga membuat mereka mengerti daftar lagu apa saja yang biasa disukai banyak orang, dan tahu kapan harus menyanyikan lagu yang tepat di suasana yang tepat. Jadi usahakan memilih wedding band yang sudah berpengalaman. Kamu pun dapat mencoba melihat permainan mereka langsung di pernikahan orang agar lebih yakin.

 

Booking Sesegera Mungkin

Sudah merasa pas dengan wedding band pilihan? Tanyakan apakah mereka dapat bermain di tanggal acara pernikahanmu nanti? Jika, iya booking sesegera mungkin. Wedding bandying berpengalaman biasanya banyak yang mengincarnya. Jangan sampai kamu kedahuluan pasangan lain.

 

Cek Syarat dan Ketentuan

Ketika kamu menyewa wedding band professional maka kamu akan disodorkan kontrak. Baca kontrak tersebut dengan telit. Ketahui apa saja yang menjadi hak dan kewajibanmu. Cari tahu juga mengenai syarat pembatalan baik dari pihakmu atau dari pihak vendor.

 

Sediakan Makanan dan Minuman

Setelah kamu berhasil deal dengan vendor tersebut ada satu tips lagi nih. Sederhana namun efeknya sangat berpengaruh dengan service yang akan mereka berikan kepadamu. Sediakanlah makanan dan minuman untuk mereka. Jika kamu tahu bahwa mereka membutuhkan waktu tempuh yang panjang dari tempat mereka ke lokasi pernikahanmu, sediakanlah waktu bagi mereka untuk beristirahat. Berikan makanan dan minuman agar kembali segar. Setelahnya niscaya mereka akan memberikan performance terbaik mereka.

Kamu sedang mencari wedding band untuk pernikahanmu? Tak perlu repot ke sana kemari. Yuk, kunjungi Balai Sudirman Wedding Fair 2017. Di sini kamu bisa menemukan banyak wedding band professional yang sudah ahli dalam memainkan musik tradisional, Islami, dan modern. Jadi tunggu apa lagi couples.

 

image courtesy of  Putra Mahkota

Bingung Menentukan Venue yang Tepat untuk Hari Istimewamu? Coba Ikuti Tips Ini Yuk!

BSWF – Sudah mendapatkan gedung untuk acara pernikahanmu nanti? Atau masih bingung mencari gedung seperti apa yang tepat untuk pernikahanmu? Tidak perlu bingung, tips kali ini akan memudahkan kamu mencari venue.

Tentukan Tema

Sebelum mencari tentukan terlebih dulu tema yang akan kamu gunakan. Outdoor atau indoor? Menentukan tema akan mempersempit pencarian gedung. Jadi kamu dapat berfokus mencari gedung memiliki konsep outdoor atau indoor saja.

Ajak pasanganmu untuk menentukan tema agar semakin seru. Atau jika kamu mau, kamu bisa berdiskusi dengan tema dan orang tua. Masukan dari mereka bisa menjadi bahan pertimbangan yang bagus.

Tentukan Budget

Setelah menentukan tema, tentukan budget yang akan kamu gunakan. Dengan begini kamu dapat membatasi daftar venue yang ada sesuai dengan budget yang kamu miliki. Untuk biaya sewa kamu dapat mencari tahunya lewat website dari venue tersebut atau menelepon langsung. Jika memang biaya sewa melebihi budget kamu dapat mencari alternatif lain.

Cari Lokasi Gedung yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah salah satu yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih gedung. Gedung yang strategis serta memiliki akses baik akan memudahkan para tamu sampai ke lokasi pernikahanmu. Kamu juga dapat memperkirakan jam berapa acara dilangsungkan agar para tamu tidak tiba terlambat dan kemungkinan untuk menghadiri semakin besar.

Survei Langsung

Jika sudah menemukan gedung yang cocok jangan lupa untuk survey ke gedung. Cari tahu mengenai fasilitas yang disediakan oleh gedung. Seberapa luas gedung dapat menampung tamu yang akan datang. Apakah gedung juga menyediakan dekorasi yang relevan dengan acaramu. Apakah gedung juga menyediakan vendor katering (jika kamu belum memesan katering). Jangan lupa juga untuk memperhatikan luas tempat parkir agar tamu mudah parkir.

Booking dari Jauh-Jauh Hari

Jika sudah menemuka gedung yang cocok dan sudah menemukan tanggal pernikahan segeralah booking gedung tersebut. Semakin kamu mem-booking-nya dari jauh-jauh hari semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan gedung tersebut di tanggal yang kau inginkan. Harga gedung pun cenderung lebih mahal jika waktu pemesanan dan waktu pesta berdekatan.

Siapkan Gedung Cadangan

Jika kamu tidak berhasil menyewa gedung yang kamu inginkan karena masalah tanggal, pastikan kamu mempunyai gedung cadangan. Gunakan kriteria di atas untuk mencari gedung cadangan.

Itu dia beberapa tips yang kamu bisa gunakan saat mencari gedung pernikahan. Mau mencari gedung pernikahan dengan mudah? Yuk, datang ke Balai Sudirman Wedding Fair 2017. Di sini kamu bisa bertemu dengan banyak vendor gedung yang siap menjadikan pesta pernikahan idamanmu menjadi kenyataan. Masing-masing memiliki kelebihan sendiri yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan.

Untuk info lebih lengkap kamu dapat mengunjungi Facebook, Twitter, Instagram Balai Sudirman Wedding Fair.

Tahukah Kamu, Barang Seserahan Dari Si Dia Ternyata Ada Maknanya Lho!

BSWF – Dalam adat Jawa dan Sunda sudah umum bagi calon pengantin pria memberikan seserahan kepada keluarga calon pengantin wanita. Seserahan adalah sebuah prosesi yang melambangkan doa untuk pasangan yang akan segera menikah. Jenis seserahan yang dibawa berupa barang-barang yang biasanya sudah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Meski jenisnya bervariasi tergangung keluarga, umumnya barang tersebut berupa tas, sepatu, kain, perhiasan, hingga peralatan kecantikan. Barang-barang ini tidak dipilih begitu saja Ada makna yang diwakili dari tiap barang. Apa kamu tahu apa saja arti dari tiap barang tersebut?

 

Daun Sirih

Mendengar daun sirih pastinya teringat pada daun yang biasa dikunyah oleh nenek kita zaman dahulu. Namun ternyata daun ini memiliki arti khusus saat dijadikan seserahan. Daun sirih yang ditata sedemikian rupa dalam sebuah seserahan adalah lambang dari doa agar nantinya keluarga baru yang menikah selalu selamat dan bahagia.

 

Perhiasan

Perhiasan diberikan bukan karena perempuan suka perhiasan, lho. Perhiasan dalam seserahan melambangkan harapan agar pengantin wanita nantinya dapat selalu bersinar dalam kehidupan. Perhiasan yang diberikan termasuk cincin, kalung, dan gelang yang terbuat dari emas atau berlian. Namun jumlah perhiasan dan jenis logam yang dipakai biasanya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi pengantin pria.

 

Satu Set Pakaian

Idealnya agar hubungan selalu erat dalam berumah tangga, suami dan istri harus mampu menjaga rahasia rumah tangga mereka dengan baik. Harapan akan hal tersebut dilambangkan dengan pemberian satu set pakaian kepada pengantin wanita. Jenis pakaiannya yang diberikan pun bebas, bisa berupa baju kebaya hingga baju tidur.

 

Tas

Tas merupakan aksesoris yang tidak terpisahkan dari seorang wanita baik sebelum dan sesudah menikah. Memberikan tas  pada saat seserahan kepada pengantin wanita adalah simbol pernyataan dan doa bahwa suaminya nanti akan dapat memenuhi segala kebutuhan istri, termasuk membelikan aksesoris wanita.

 

Sepatu

Meski dalam dunia fesyen sepatu dan tas termasuk aksesoris wanita, memberikan sepatu sebagai bagian dari seserahan melambangkan doa agar suami dan istri sehati sepikir dalam menjalani bahtera rumah tangga.

 

Produk Perawatan Kulit

Produk skin care adalah salah satu barang yang biasa dijadikan seserahan. Barang yang satu ini juga merupakan barang favorit wanita. Produk skin care melambangkan harapan agar pengantin wanita nantinya dapat selalu tampil menarik dan cantik.

 

Seperangkat Alat Sholat

Nah, untuk kamu yang muslim, seperangkat alat sholat adalah barang wajib yang harus dibawa sebagai seserahan. Makna dari pemberian seperangkat alat sholat adalah harapan agar suami istri dapat berpegang teguh pada ajaran agama.

Itulah arti dari barang-barang seserahan yang nanti kamu akan terima. Semuanya merupakan harapan baik bagi kamu dan pasangan.

Kamu sedang merencanakan pernikahan? Jangan lupa untuk datang ke Balai Sudirman Wedding Fair. Ada beragam vendor pernikahan yang bisa kamu temui, mulai dari vendor katering, fotografi, perhiasan, hingga gedung, dan banyak lagi. Untuk info terbaru seputar pernikahan tradisional dan Islami jangan lupa untuk follow Facebook, Twitter, dan Instagram Balai Sudirman Wedding Fair.

Mau Foto Pre-Weddingmu Fantastik? Coba Ikuti 5 Tips Simpel Ini

BSWF – Foto pre-wedding adalah salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Kamu dan pasangan, dengan bantuan fotografer, dapat berkreasi menciptakan foto-foto unik yang bisa dikenang terus.

Meski fotografer bisa membantu juga dalam urusan konsep foto, agar foto pre-wedding kamu menarik dan unik, ide haruslah berasal dari kamu dan pasangan. Bingung mencari idenya? Beberapa panduan ini bisa membantu kamu mendapatkan ide-ide unik untuk foto pre-wedding.

 

1. Brainstorming Ide

Brainstorming adalah proses di mana kamu bisa menuangkan ide konsep foto sebanyak-banyaknya. Setelah ide terkumpul seleksi ide mana saja yang bisa digunakan. Jika memungkinkan ajak juga fotografer untuk berdiskusi untuk memberikan pandangan-pandangan teknis.

Ada ratusan tema yang bisa kamu gunakan. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan tema tradisional menggunakan pakaian adat dan rumah adat, tema islami dengan baju gamis, tema formal, tema klasik, tema alam, tema romantis dan banyak tema lainnya.

 

2.Pemilihan Lokasi

Setelah menentukan tema, kamu bisa memulai mencari lokasi yang relevan dengan tema yang kamu pilih. Misalnya kamu mau berfoto dengan gaya Minang, kamu bisa mencoba berfoto di rumah adat Minang di Taman Mini Indonesia Indah.

Misalnya. Atau jika kamu memilih konsep Islami, kamu dapat berfoto di masjid-masjid yang cantik, seperti di Masjid Agung Al-Azhar. Museum atau taman juga bisa digunakan sebagai lokasi foto.

 

3. Pemilihan Kostum

Lokasi sudah, sekarang tinggal memilih kostum yang sesuai dengan tema yang kamu pilih. Jika menggunakan pakaian adat pertimbangkan tipe pakaian adat seperti apa yang kamu gunakan. Apakah menggunakan kebaya saja, atau lengkap dengan pernak pernik seperti hiasan kepala. Begitu juga dengan pakaian gamis jika kamu menggunakan tema Islami. Selain kostum, pikirkan juga make up yang kamu akan gunakan. Jangan segan tanya pada fotografer tipe make up seperti apa yang sesuai dengan kostum dan lokasi yang kamu pilih.

 

4. Waktu Pemotretan

Hindari waktu pemotretan yang mepet. Idealnya foto pre-wedding dilakukan minimal 1 bulan sebelum hari pernikahan. Dengan waktu luang seperti itu kamu bisa mempersiapkan segalanya dengan lebih matang.

Waktu pemotretan juga berarti mengacu pada waktu diambilnya foto. Apakah pagi, siang, atau malam? Hal ini tergantung pada lokasi yang akan kalian pilih. Sekali lagi jangan segan untuk meminta pendapat fotografer jika kalian merasa kurang yakin.

 

5. Properti

Agar semakin seru bawa juga properti dalam photoshoot kalian. Bisa berupa balon, papan bertuliskan “I love you”, dan beragam properti unik lainnya. Selain unik tentunya properti tersebut harus tetap relevan dengan konsep foto prewed kalian agar hasil fotonya semakin menarik. Untuk properti yang simpel dapat kalian buat sendiri. Jika propertinya agak rumit kalian bisa menyewanya. Atau bisa tanyakan juga kepada fotografer apakah bisa menyediakan properti yang kalian inginkan – tentunya dengan tambahan biaya.

Nah, itulah beberapa panduan yang bisa kamu gunakan untuk mencari ide dan mewujudkan foto prewed impian. Semoga bisa berguna ya.

Jika kamu sedang mencari fotografer untuk foto pre-wedding jangan lupa untuk mampir ke Balai Sudirman Wedding Fair 2017 ya. Di sini ada sederet vendor fotografi pre-wedding yang berpengalaman dan berkualitas yang siap membuat foto pre-wedding fantastik kalian menjadi kenyataan.

Janga lupa follow akun Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mendapatk infor-info seputar pernikahan tradisional dan Islami.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870