Frank n Co, Jewellery Dengan Ciri Khas Tersendiri

MEDAN - Perhiasan lazimnya digunakan oleh kaum hawa guna mempercantik dirinya. Namun sesungguhnya sejak dahulu pria juga mengenakannya walau tidak terlalu rumit.Perhiasan terdiri dari bermacam macam bentuk seperti cincin, gelang, kalung, dan jepit rambut.Dahulu perhiasan digunakan sebagai aksesoris dan mata uang, namun sekarang ada juga yang menggunakan perhiasan sebagai bentuk investasi.

Untuk lebih memahami nilai-nilai tertentu dalam perhiasan dan berlian, Waspada Online berkesempatan mewawancarai gemologist dari perusahaan jewellery ternama PT Central Mega Kencana (CMK), pemilik koleksi Frank & Co, Devi Chayadi.

Apa keistimewaan berlian produk PT CMK?
Setiap brand di bawah group PT CMK memiliki keunggulan dan keistimewaan yang berbeda-beda.Namun, PT CMK selalu mengutamakan kualitas produk dan layanan yang terdepan dalam setiap brand-nya.

Berlian produk CMK dari mana? Bagaimana prosesnya?
Berlian kami di-sourcing dari seluruh dunia.Untuk memperoleh berlian dengan kualitas yang tinggi, perlu effort yang tidak mudah karena keberadaannya cukup langka.

Tipe berlian CMK apa dan apa keunggulannya?
PT CMK hanya menggunakan berlian dengan kualitas terbaik.Color yang berkualitas tinggi, clarity yang juga jernih, serta kualitas cut yang tinggi, memancarkan kilau berlian yang sempurna.

Secara umum, antara emas putih dan emas kuning yang paling diminati masyarakat yang mana?
Dulu kalau kita flashback ke beberapa tahun yang lalu, emas kuning paling diminati orang.Karena mereka belum familiar dengan emas putih. Mereka mash ragu akan kandungannya karena orang punya persepektif konservatif bahwa emas itu harus kuning. Terutama untuk kalangan tertentu yang masih tradisional.Tapi kalau sekarang, terutama perhiasan dengan berlian, orang lebih cenderung memilih emas putih.Terutama karena berlian itu memang tidak ada warna.Yang paling bagus orang bilang itu colorless.Memang paling bagus emas putih.Karena dia tidak merefleksikan warna emasnya.Tapi bukan berarti emas kuning tidak ada lagi peminatnya.Masih ada beberapa orang yang senang dengan warna emas kuning. Malah sekarang yang sedang diminati adalah emas pink atau rose gold.

Apa itu rose gold?
Emas rose gold ini baru beberapa tahun ini populer. Karena warnanya yang unik dengan kandungan tembaga.Sehingga warnanya seperti bronze. Orang bilangnya pink gold atau rose gold. Jadi yang paling populer itu tetap emas putih, khususnya untuk perhiasan berlian. Tapi sekarang orang juga berminat kepada rose gold karena fesyen, jadi unik.

Apa yang menjadi ciri khas dari perhiasan dari Frank & Co sendiri?
Kalau kita selain dari kualitas material yang kita gunakan, hanya F Color and DVS Clarity.Kalau dalam range kualitas berlian, F berada dalam kelompok tertinggi.Semua koleksi perhiasan kita tidak ada yang lebih rendah dari F Colorless dan DVS Clarity.Itu yang membuat Frank & Co berbeda secara kualitas material. Di samping itu ada craftmanship juga, kalau kita perhatikan craftmanship Frank & Co dengan jeweller lainnya memang beda. Karena kita juga memperhatikan estetikanya, ergonomisnya, enak dipakai atau tidak.

Apa yang menjadi ciri khas Frank & Co dari craftmanship tersebut?
Beberapa item kita memang punya signature-nya Frank & Co. Ada juga fesyen item kita yang berlogokan Frank & Co yaitu kijang (deer).Itu yang menandakan produknya Frank & Co.

Bagaimana cara membedakan perhiasan asli atau palsu?
Untuk logam, mudah dilihat.Misalnya emas bisa dilihat dari beratnya.Yang asli itu berat sedangkan yang imitasi itu lebih ringan.Dari warna juga kelihatan logamnya.Tapi kalau material batunya ini yang kadang-kadang tricky.Ini yang sering membingungkan terutama untuk matra awam atau amatir market yang tidak terlalu memperhatikan berlian.Kalau mau gampang, memang kita punya alat yang namanya diamond-tester.Alat itu hanya menggunakan temperatur.Karena berlian merupakan konduktor yang paling bagus, maka dia diukur dengan menggunakan temperaturnya.Temperatur tertentu menentukan berlian tersebut asli.Kalau yang bukan diamond ga bunyi.Kita juga ada alat satu lagi pengukur berlian yakni moizonite.Kalau kedua alat ini berbunyi, berarti alat ini moizonite bukan diamond.

Apa itu moizonite?
Moizonite itu salah satu bentuk simulant.Diamond itu kan banyak tiruannya. Ada dua tipe, satu simulant yaitu jenis batuan lain yang tampaknya seperti berlian. Tapi secara komposisi chemical-nya beda. Secara kasat mata, cubic circonia.Banyak penjual perhiasan batu yang menggunakan cubic circonia atau moizonite.Bahkan plastik pun bisa menjadi tiruannya.Tapi kalau plastik kelihatan tidak bersinar, tidak seperti berlian.Sedangkan moizonite atau cubic circonia mempunyai kilau seperti berlian.Dia tidak memiliki ketahanan atau durability seperti berlian.Kalau synthetic diamond, secara chemical testing itu adalah diamond tapi man-made atau pabrikan.Jadi kalau untuk tiruan asli atau palsu, kita lihat apakah ini berlian alami atau buatan pabrik. Nah untuk membedakan berlian alami dan pabrikan ini butuh proses tes lebih panjang.

Secara fisik, karakter diamond itu seperti apa?
Diamond itu memiliki hardness atau tingkat kekerasan yang paling tinggi dibandingkan dengan batuan yang lain. Dalam mohs schale, tingkat kekerasan diamond itu nilainya paling tinggi yaitu 10. Sedangkan kalau batuan lain tidak ada yang nilainya 10. Paling tinggi 9 atau 8,5. Jadi kalau diamond, karena tingkat kekerasannya paling tinggi, jika di faset dia akan menunjukkan fasetnya tajam. Sedangkan batuan lain kecenderungannya agak tumpul. Tapi nggak semua orang bisa dengan mudah membedakan.Harus banyak-banyak latihan dan memperhatikan secara kasat mata.

Jika ada kasus orang yang tertipu dalam membeli berlian, berarti yang dia dapatkan itu simulant ya?
Iya, banyak kasus yang terjadi seperti itu.Tapi mereka ada juga yang dapat cubic circonia atau moizonite.Secara fisik kelihatan seperti berlian yang besar tapi biasa dijual dengan harga murah.Itu merupakan indikator yang paling mudah. Kalau diamond dijual dengan ukuran yang besar, harganya pasti akan sangat tinggi.

Bagaimana cara merawat diamond?
Diamond itu benda yang paling keras.Tapi bukan yang paling tough.Cuman toughness atau kekuatan berlian terhadap benturan itu sangat tinggi sebenarnya. Tapi berlian itu kalau bisa perawatannya;
1. Dalam pemakaian sehari-hari itu harus handle with care. Perlakukanlah perhiasan berlian itu dengan baik. Karena kalau terbentur secara konstan pasti akan mengalami gangguan. Walaupun tingkat possibility-nya sangat kecil karena batuannya sangat kuat tapi kalau kita mau maintenance-nya lebih bagus, sebaiknya handle with care. Selain batunya juga harus diperhatikan emasnya.Kalau pemakaiannya sembarangannya, emasnya juga bisa penyok.Posisi batunya bisa bergeser dari tempat semula.Ini yang menyebabkan diamond itu bisa lepas dari dudukannya.
2. Untuk perawatan penyimpanan, seringkali ibu-ibu mencampur perhiasannya dalam satu tempat. Ini yang tidak kita anjurkan.Karena berlian itu keras, jadi dia tidak bisa dilukai oleh apapun kecuali dengan berlian itu sendiri.Jadi kalau kita simpan campur aduk, berlian itu berpotensi saling menggores.Jadi akhirnya berliannya banyak goresan sehingga terlihat kusam.Jadi, untuk pemakaian jangka panjang sebaiknya berlian tersebut dibungkus kain sehingga bisa tahan benturan atau antar perhiasan.Selain melukai sesama berlian, berlian ini juga bisa melukai emas. Karena emas sifatnya lunak, jadi emasnya banyak gores-gores. Padahal emas sendiri kalau kita memakainya tidak hati-hati akan terjadi banyak goresan dan kusam.
3. Kalau untuk pencucian, berlian itu punya sifat alami mengikat debu dan minyak. Jadi kadang-kadang ga heran ibu-ibu seminggu sekali mencuci berlian.Apalagi kalau kita pegang pakai tangan.Ini membuat minyak yang ada di tangan kita pindah ke berlian.Jadi sebaiknya rutin dicuci.

Bagaimana teknik pencucian berlian?
Kalau kita membeli berlian di toko perhiasan yang tidak menyediakan jasa pencucian berlian, kita bisa melakukannya di rumah menggunakan sikat bayi yang lunak, air hangat, dan sedikit sabun cair.Sikat secara perlahan hingga terangkat debu dan minyaknya.Namun terkadang ada sedikit tricky, karena ada konstruksi yang tersembunyi.Misalnya ada diamond yang terlihat pecah.Tapi ternyata setelah di loop-in ada selip sabun sehingga membuat diamond itu terlihat pecah.Apabila ini terjadi harus dibersihkan dengan benda yang tajam seperti jarum atau tusuk gigi.Bisa juga dilakukan dengan alkohol.

Kalau diinvestasikan, berlian ini menguntungkan atau tidak?
Untuk investasi berlian mempunyai cara tertentu, Tidak semua berlian itu dapat dijadikan alat investasi. Tergantung dari persepsi orang dan apa harapan dari investasi yang dilakukan melalui perhiasan berlian. Ada orang yang secara mudah atau simpel berpikir dengan membeli perhiasan tahun ini untuk diberikan kepada anak pada saat menikah 10 tahun yang akan datang. Perubahan harga diamond tergantung pada inflasi juga.Jadi harganya juga bisa berubah.

Ada juga yang menggunakan berlian sebagai alat investasi dalam bentuk trading jual beli. Untuk jenis investasi seperti itu, memang harus memiliki berlian yang besar dan value yang berbeda. Biasanya berlian pink diamond dengan ukuran tertentu yang langka.Namun secara kecenderungan, berlian itu naik tidak curam.Berbeda dengan properti atau saham.Hanya saja momentum kenaikan harga berlian itu lambat.Investasi pada berlian itu tidak terlalu beresiko, bisa dikatakan low risk-low return.
(dat06/wol) sumber: waspada.co.id

Kunjungi stand Frank n Co Jewellery di Gebyar Pernikahan Indonesia, 23-25 Januari 2015, Kartika Expo Balai Kartini Jakarta dan dapatkan promo menarik serta produk terbaru.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870