Jelang Nikah Masih Belum Akrab dengan Calon Mertua? Yuk Simak Tips Berikut!

Mau berkenalan dengan Calon Mertua Inilah Tipsnya!

Jakarta, Mantenhouse.com – Sebentar lagi hari pernikahan tiba namun belum juga merasa akrab dengan calon mertua? Wah, jangan dibiarkan lho couples, karena  memiliki hubungan yang baik dengan mertua tentulah penting, mengingat kelak mereka akan menjadi orang tua kedua kita setelah kita menikah. Walaupun telah mengenal calom mertuamu namun mengakrabkan diri lebih dalam lagi perlu dilakukan demi kerharmonisan keluarga barumu nanti. Kali ini mantenhouse akan memberikan beberapa tips untuk mengakrabkan diri dengan calon mertuamu.

1. Kenali tradisi di dalam keluarga pasangan

Meskipun kamu telah mengenali sikap dan karakter pasanganmu, kamu juga perlu menyelami bagaimana tradisi dan adat istiadat yang diterapkan dalam keluarga pasanganmu. Jangan terlalu terbawa oleh kebiasaan sehari-hari dirumahmu dan di lingkungan keluargamu, karena tradisi dalam keluargamu dan keluarga pasanganmu jelas berbeda. Terlebih lagi bila kamu dan si dia berasal dari suku yang berbeda, maka akan banyak perbedaan tradisi, gaya bahasa, dan adat istiadat yang diterapkan. Disinilah kamu perlu beradaptasi dengan baik dan sikapi hal ini dengan dewasa karena mencintai pasanganmu juga berarti harus mencintai keluarganya yang berarti juga kamu harus menghormati tradisi, nilai-nilai, dan adat istiadat yang diterapkan keluarga pasangan.

2. Perlakukan mereka seperti yang kamu lakukan kepada orang tuamu

Orang tua memang nomor satu, wajar bila sebelum menikah kamu masih memberikan porsi yang lebih terhadap orang tuamu dibanding kekasih. Bila sudah menikah nanti, porsi antara orang tua dan mertua harus seimbang tidak boleh ada yang kamu bedakan satu diantara mereka. Perlakukan mereka selayaknya orang tuamu sendiri, jangan sungkan atau terlalu jaga image terhadap mertuamu. Misalnya seringlah memulai obrolan terlebih dahulu disela-sela kegiatan menonton tv bersama walaupun dimulai dengan obrolan yang ringan. Namun poin pentingnya bersikaplah adil kepada orang tua dan mertua misalnya dalam hal waktu, instensitas bertemu, dan dalam hal uang belanja bulanan.

3. Cari tahu hobi dan kesukaan dari kedua mertua

Menantu yang baik harus tahu apa kesukaan dari kedua mertua, bila ibu mertuamu hobi memasak maka ada baiknya kamu belajar masak dan membicarakan tentang resep masakan serta memberi info terupdate mengenai dunia kuliner adalah hal menarik baginya. Sedangkan bila ibu mertuamu gemar belanja kamu harus cari tau tentang sale, barang-barang murah, toko yang recommended dan unik kemudian hunting dan berbelanja bersama dapat menjadi quality time dengan ibu mertuamu. Namun jangan hanya akrab dengan ibu mertua saja, ayah mertua juga perlu mendapatkan porsi perhatian dari sang menantu, cari tahu juga apa kesukaan dari ayah mertuamu dan lakukan hal terbaik sebagai menantu yang baik. Cara ini dapat menunjukkan bahwa kamu adalah menantu yang perhatian kepadanya.

4. Tingkatkan kualitas dirimu

Ingin menjadi menantu yang baik bukan dari apa saja yang telah kamu lakukan kepada kedua mertuamu, namun juga dari diri sendiri. Menempuh hidup baru sebagai sepasang suami istri harus dapat meningkatkan kualitas dirimu seperti halnya lebih dewasa, lebih ramah dan sopan kepada orang lain, tidak menutup diri, banyak-banyak menambah wawasan baru, dan tingkatkan kualitas ibadahmu. Semakin kamu menjadi pribadi yang baik maka predikat sebagai menantu kebanggaan pun akan kamu raih.

5. Tetap Menjadi diri sendiri

Dalam mengakrabkan diri kepada calon mertua yang sebentar lagi akan menjadi orang tua kedua kita, kamu harus tetap konsisten menjadi diri kamu sendiri. Jangan bertopeng menjadi orang lain demi mendapatkan predikat sebagai menantu kesayangan, dan jangan mencoba meniru kebiasaan, tutur kata atau karakter dari sang calon mertua, walau mungkin niatmu baik. Hal tersebut tidak akan tetapi malah menjadi bumerang saat kamu berusaha mendapatkan hati mereka. Kamu harus percaya diri menjadi dirimu sendiri dan tentunya dirimu yang lebih baik daripada sebelumnya.

6. Liburan bersama keluarga pasangan

Ketika sudah mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan sudah mulai akrab dengan calon mertuamu, saatnya kamu mengajak mereka untuk pergi liburan bersama. Lelah mempersiapkan segala sesuatu hal jelang pernikahan ada baiknya kamu bersantai mencari udara segar bersama camer di hari weekend atau setelah kamu pergi honeymoon dengan si dia luangkan pula waktumu untuk liburan dengan orang tuanya. Bila memang tak punya banyak waktu untuk pergi lebih dari satu hari akibat pekerjaanmu, mengajak calon mertua/mertua makan malam di restoran tematik akan menjadi hal menarik, namun jangan lupa untuk menawarkan orang tuamu ikut serta.

Semoga tips diatas dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengakrabkan diri dengan calon mertuamu, dan menghindari konflik yang tidak diinginkan. Happy wedding couples.

(achy/MHDC)

Photo: http://abiummi.com

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870