Jenis Logam Terbaik untuk Cincin Pernikahan

BSWF – Cincin pernikahan adalah cincin yang akan kamu dan pasangan gunakan seumur hidup. Untuk memilih cincin yang tepat tentu kamu harus mempertimbangkan jenis cincin yang kamu inginkan. Selain model, jenis logam yang kamu pilih juga sangat penting.

Jika dulu hanya ada dua logam yang sering digunakan untuk cincin pernikahan, sekarang ada banyak pilihan logam yang tersedia sehingga memilih logam yang kamu inginkan semakin rumit. Sebelum memilih logam, ada baiknya kamu mengetahui jenis logam dan sifatnya.

 

1. Platinum

Platinum adalah logam yang memiliki warna putih alami dan populer digunakan sebagai cincin pernikahan karena kemilaunya yang cantik sangat pas disandingkan dengan berlian. Diantara semua logam lainnya, platinum dianggap sebagai logam yang paling berharga.

Dibandingkan dengan emas, platinum lima kali lebih langka dan lebih murni saat digunakan untuk perhiasan. Platinum juga tahan lama sehingga cocok digunakan untuk orang yang memiliki gaya hidu aktif. Platinum juga memiliki sifat hipoalergik yang berarti tidak menyebabkan alergi pada kulit sensitif.

Platinum memiliki tampilan yang elegan dan warnanya tidak mudah pudar sehingga tidak perlu ditempa ulang. Karena kekuatannya, platinum cocok digunakan sebagai dudukan permata.

 

2. Emas

Emas adalah logam mulia yang sering dipakai  dalam pembuatan perhiasan. Kadar emas biasa diukur dalam satuan karat. Perhiasan emas murni memiliki kadar 24 karat. Ini berarti 24 dari 24 bagian terdiri dari emas.

Namun emas murni terlalu lembut untuk dijadikan perhiasan karena itu umumnya perhiasan emas akan menggunakan emas yang dicampur dengan logam lainnya agar kuat. Umumnya kamu akan menemukan emas 22K (75% emas), 18K (58% emas), dan 14K. Sisanya merupakan logam lain yang berguna untuk menambah kekuatan emas.

Umumnya perhiasan emas hadir dalam beberapa warna.

Emas kuning: Warna ini adalah warna yang terbayang di benak jika mengingat kata “emas”. Emas kuning adalah warna emas yang paling umum. Warna kekuningan ini muncul karena adanya campuran merah dari tembaga  tembaga dan kehijauan dari perak.

Emas Merah (rose gold): Warna emas yang satu ini terlihat romantis jika digunakan sebagai perhiasan. Warna merah tercipta dari campuran dengan komposisi seimbang antara emas kuning dipadukan dan warna merah tembaga.

Emas Putih: Emas putih adalah warna alternatif dari emas. Warna putihnya hasil perpaduan dari emas kuning dengan tembaga, zink, dan nikel. Emas putih sangat cantik sebagai cincin. Namun kelemahannya emas putih harus dilapis berulang-ulang karena warnanya akan pudar seiring waktu.

 

3. Kobalt

Logam yang satu ini awalnya di pakai untuk industri penerbangan dan kesehatan tetapi sekarang digunakan juga sebagai logam alternatif untuk cincin pernikahan. Kobalt empat kali lebih kuat dari platinum dan aman untuk kulit sensitif.

Kobalt memiliki warna putih terang yang membuatnya sekilas terlihat seperti platinum. Namun kobalt lebih berat dari logam lainnya. Untuk kamu yang menginginkan sedikit berat pada cincin pernikahanmu, kobalt bisa jadi pilihan yang tepat.

 

4. Titanium

 

Biasa digunakan untuk membuat peralatan industri, titanium sekarang juga digunakan sebagai bahan dasar cincin pernikahan. Titanium cukup populer  digunakan sebagai cincin pria karena sangat ringan. Titanium dengan warnanya yang abu-abu keperakan menjadikannya aksesoris modern.

 

Demikianlah jenis-jenis logam untuk cincin pernikahan. Kalau kamu suka yang mana?

Jika kamu sedang mencari cincin pernikahan dalam waktu dekat ini, jangan lupa kunjungi Balai Sudirman Wedding Fair ya. Ada banyak vendor perhiasan dengan beragam koleksi cincin pernikahan menarik.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870