Tahukah Kamu, Barang Seserahan Dari Si Dia Ternyata Ada Maknanya Lho!

BSWF – Dalam adat Jawa dan Sunda sudah umum bagi calon pengantin pria memberikan seserahan kepada keluarga calon pengantin wanita. Seserahan adalah sebuah prosesi yang melambangkan doa untuk pasangan yang akan segera menikah. Jenis seserahan yang dibawa berupa barang-barang yang biasanya sudah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Meski jenisnya bervariasi tergangung keluarga, umumnya barang tersebut berupa tas, sepatu, kain, perhiasan, hingga peralatan kecantikan. Barang-barang ini tidak dipilih begitu saja Ada makna yang diwakili dari tiap barang. Apa kamu tahu apa saja arti dari tiap barang tersebut?

 

Daun Sirih

Mendengar daun sirih pastinya teringat pada daun yang biasa dikunyah oleh nenek kita zaman dahulu. Namun ternyata daun ini memiliki arti khusus saat dijadikan seserahan. Daun sirih yang ditata sedemikian rupa dalam sebuah seserahan adalah lambang dari doa agar nantinya keluarga baru yang menikah selalu selamat dan bahagia.

 

Perhiasan

Perhiasan diberikan bukan karena perempuan suka perhiasan, lho. Perhiasan dalam seserahan melambangkan harapan agar pengantin wanita nantinya dapat selalu bersinar dalam kehidupan. Perhiasan yang diberikan termasuk cincin, kalung, dan gelang yang terbuat dari emas atau berlian. Namun jumlah perhiasan dan jenis logam yang dipakai biasanya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi pengantin pria.

 

Satu Set Pakaian

Idealnya agar hubungan selalu erat dalam berumah tangga, suami dan istri harus mampu menjaga rahasia rumah tangga mereka dengan baik. Harapan akan hal tersebut dilambangkan dengan pemberian satu set pakaian kepada pengantin wanita. Jenis pakaiannya yang diberikan pun bebas, bisa berupa baju kebaya hingga baju tidur.

 

Tas

Tas merupakan aksesoris yang tidak terpisahkan dari seorang wanita baik sebelum dan sesudah menikah. Memberikan tas  pada saat seserahan kepada pengantin wanita adalah simbol pernyataan dan doa bahwa suaminya nanti akan dapat memenuhi segala kebutuhan istri, termasuk membelikan aksesoris wanita.

 

Sepatu

Meski dalam dunia fesyen sepatu dan tas termasuk aksesoris wanita, memberikan sepatu sebagai bagian dari seserahan melambangkan doa agar suami dan istri sehati sepikir dalam menjalani bahtera rumah tangga.

 

Produk Perawatan Kulit

Produk skin care adalah salah satu barang yang biasa dijadikan seserahan. Barang yang satu ini juga merupakan barang favorit wanita. Produk skin care melambangkan harapan agar pengantin wanita nantinya dapat selalu tampil menarik dan cantik.

 

Seperangkat Alat Sholat

Nah, untuk kamu yang muslim, seperangkat alat sholat adalah barang wajib yang harus dibawa sebagai seserahan. Makna dari pemberian seperangkat alat sholat adalah harapan agar suami istri dapat berpegang teguh pada ajaran agama.

Itulah arti dari barang-barang seserahan yang nanti kamu akan terima. Semuanya merupakan harapan baik bagi kamu dan pasangan.

Kamu sedang merencanakan pernikahan? Jangan lupa untuk datang ke Balai Sudirman Wedding Fair. Ada beragam vendor pernikahan yang bisa kamu temui, mulai dari vendor katering, fotografi, perhiasan, hingga gedung, dan banyak lagi. Untuk info terbaru seputar pernikahan tradisional dan Islami jangan lupa untuk follow Facebook, Twitter, dan Instagram Balai Sudirman Wedding Fair.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870