Megahnya Pernikahan GKR Hayu Turut Dirasakan Oleh Seluruh Masyarakat

Jakarta, Mantenhouse – Hari Selasa pada tanggal 22 Oktober kemarin telah dilaksanakan pernikahan keraton yang kerap dipanggil the royal wedding antara GKR Hayu, putri dari Sultan Hamengku Buwono X yang menikah dengan KPH Notonegoro.

Sekian banyak media baik lokal maupun dari luar negeri yang rela mengikuti peraturan ketat keraton, demi dapat meliput pernikahan kedua mempelai pengantin istimewa ini. Seperti yang tim Manten House pantau pada beberapa media online besar, hampir semuanya menjadikan berita mengenai “the royal wedding” sebagai berita utama mereka.

Tidak heran hal ini terjadi, animo masyarakat memang sangat besar untuk dapat menyaksikan dan menyimak setiap berita mengenai jalannya prosesi pernikahan “agung” yang tentu saja dilaksanakan dengan mengikuti seluruh tradisi Jawa Yogyakarta.

Satu hal yang menarik dalam pernikahan keraton ini dibandingkan dengan pernikahan kaum pejabat pada umumnya adalah, perayaan pesta pernikahan ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir di lokasi sekitar Jalan Malioboro.

Warga yang berada di sekitar Jalan Malioboro dengan sukarela memberikan iuran minimal Rp 10.000 untuk menyediakan makanan gratis kepada seluruh orang yang datang untuk turut merayakan kebahagian yang sedang dirasakan oleh GKR Hayu dan KPH Notonegoro.

Animo besar masyarakat ini tetap terasa pada saat dilaksanakannya prosesi kirab pernikahan agung Keraton Yogyakarta pada hari Rabu (23/10/13) keesokan harinya. Ribuan masyarakat memenuhi pinggiran jalan Malioboro demi dapat menyaksikan dan lewatnya 12 kereta kuda keraton yang diberi pengawalan ketat tersebut.

Hal ini dirasa lumrah terjadi karena masyarakat Yogyakarta begitu mencintai Keraton Yogyakarta yang mereka anggap sebagai “pimpinan” sekaligus jadi diri budaya mereka.

Kami kutip dari kompas.com, peristiwa kirab kereta keraton seperti ini sangat jarang sehingga sayang jika harus dilewatkan. Terlebih lagi masyarakat merasa, Keraton Yogya yang menggelar hajatan itu sehingga masyarakat harus ikut memeriahkan.

(lde/MHDC)

image: kratonwedding.com

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870