Mempersiapkan Pernikahan di Bali

Mempersiapkan Pernikahan di Bali

Wedding destination menjadi salah satu hal yang belakangan ini menjadi tren di kalangan para calon pengantin. Dan untuk di Indonesia, sudah pasti Bali menjadi tempat tujuan utama untuk menikah ala wedding destination sekaligus berlibur baik bagi pasangan calon pengantin maupun seluruh anggota keluarga. Hal ini karena Bali memiliki keindahan alam yang eksotis dan beragam. Sarana dan prasarana-nya pun semakin bertambah seiring dengan ketersediaan berbagai vendor wedding di Pulau Dewata tersebut.

Jika kamu dan pasangan termasuk salah satu calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan di Bali, artikel ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan yang tak terlupakan

  1. Tentukan tanggal pernikahan yang jauh dari musim hujan
    Karena alamnya yang cantik, sebagian besar pernikahan di Bali dilakukan di outdoor, oleh karena itu tentukan tanggal pernikahan dengan memperkirakan cuaca sehingga pesta outdoor yang kalian selenggarakan dapat berjalan dengan baik
  2. Akomodasi dan Transportasi
    Jika pasangan calon pengantin bukan berdomisili di Bali, akomodasi dan transportasi merupakan salah satu hal yang utama untuk direncanakan. Biasanya venue menyediakan paket pernikahan beserta akomodasi untuk calon pengantin dan keluarga selama beberapa hari. Selain itu, jika diperlukan untuk menyediakan akomodasi penginapan untuk tamu undangan yang hadir, cari penginapan yang berada dekat dengan venue pernikahanmu, dan sediakan bis yang dapat mengantar seluruh keluarga dari penginapan ke venue acara.
  3. Vendor Wedding
    Untuk pernikahan di Bali, sebaiknya mencari vendor wedding setempat agar menghemat biaya akomodasi dan transportasi dari vendor jika berasal dari kota lain. Selain itu, kelebihan lainnya adalah vendor setempat sudah lebih berpengalaman dan tau mengenai Bali dibanding vendor dari kota lain terutama untuk wedding organizer. Jika kamu melakukan sewa kebaya atau gaun pengantin dari kota tempat tinggalmu, jangan lupa untuk menyebutkan jika gaun atau kebaya tersebut akan dibawa ke luar kota dan diperlukan beberapa hari tambahan untuk pengembaliannya.
  4. Tema Pesta
    Secara garis besar, pernikahan di Bali biasanya diselenggarkan secara private dan intimate dengan jumlah tamu yang tidak terlalu banyak. Untuk membuat pernikahanmu semakin unik, bisa juga memasukkan sentuhan kebudayaan Bali di dalamnya, misalnya dari gunakan bunga kamboja untuk mempercantik dekorasi, memasukkan musik tradisional khas Bali di musik pengiring, atau mengemas souvenir khas ala Bali untuk kenang-kenangan para tamu undangan yang hadir.
  5. Catatan Sipil
    Pernikahan yang sah adalah pernikahan yang tercatat oleh negara. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti akte kelahiran, KTP, kartu Keluarga, Surat Pernyataan Belum Menikah, serta surat N1 – N4 dari Kelurahan. Surat-surat tersebut kemudian diserahkan ke dinas catatan sipil di area tempat pernikahanmu di Bali.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870