Menghitung Kebutuhan Porsi Catering Pernikahan Dengan Tepat dan Cermat

Dwi Tunggal Citra Catering
Foto Credit: Dwi Tunggal Citra Catering

Sudah menjadi hal yang wajar jika makanan menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah perhelatan resepsi pernikahan, karena makanan yang disediakan untuk menjamu tamu dapat menjadi salah satu penentu suksesnya sebuah acara pernikahan.

Untuk itu setelah menemukan vendor catering yang sesuai dengan selera, makanan menjadi salah satu hal utama yang wajib untuk didiskusikan dengan matang bersama vendor. Porsi yang terlalu banyak tentu akan merugikan pihak pengantin karena dapat membuat biaya pernikahan menjadi membengkak, namun porsi yang terlalu sedikit akan membuat para tamu kehabisan makanan dalam waktu singkat. Jadi bagaimana solusi dalam menentukan porsi catering yang tepat ?

Hal umum pertama yang menjadi pedoman dalam menentukan porsi catering adalah dengan memperkirakan jumlah tamu yang hadir. Biasanya perhitungannya adalah dengan mengkalikan jumlah undangan dengan 2. Hal ini dikarenakan biasanya 1 undangan bisa dihadiri oleh 2 orang. Jadi porsi makanan akan dihitung berdasarkan perkiraan jumlah tamu yang hadir.

Contoh: 500 undangan, maka perkiraan jumlah tamu yang hadir: 1.000 orang.
Dengan asumsi tingkat kehadiran tamu adalah 90%, maka kemungkinan tamu undangan yang akan hadir adalah sekitar 900 orang

Langkah selanjutnya dalam memesan porsi catering yang tepat adalah menentukan persentase atau rasio antara makanan buffet dan pondokan. Rasio yang digunakan sangat beragam tergantung pada calon pengantin masing-masing. Namun pada umumnya rasio berkisar antara 70%:30% atau 60%:40% untuk buffet vs pondokan. Mas Awang dari DTC Catering mengungkapkan biasanya untuk para kliennya, pihaknya menyarankan rasio 60% buffet dan 40% pondokan untuk perkiraan jumlah tamu hingga 1.500 orang, sedangkan untuk jumlah tamu di atas 1.500, rasio 50% buffet dan 50% pondokan masih dapat dilakukan.

Cara penghitungannya:

  1. Buffet >> 60% x 900 orang = 540 porsi
  2. Pondokan
    Dengan asumsi satu orang akan mengunjungi 5 pondokan, maka total perhitungan akan dikali 5, menjadi sebagai berikut:
    40% x 900 orang x 5 pondokan = 1.800 porsiTotal porsi pondokan ini kemudian dibagi lagi ke dalam masing-masing menu pondokan tergantung banyaknya menu pondokan yang dipesan.

    (Contoh yang dipesan: 6 menu pondokan)
    1.800 porsi : 6 menu pondokan = 300 porsi /menu pondokan

Dengan perhitungan tersebut maka untuk 500 undangan, kamu perlu mempersiapkan 540 porsi buffet dan 1.800 porsi pondokan

Selain porsi makanan, jangan lupa juga untuk memilih menu makanan yang sesuai dengan selera “Setiap catering memiliki menu andalannya masing-masing. Untuk itu, jangan lupa juga untuk menanyakan menu apa yang direkomendasikan atau paling banyak dipesan oleh orang,” ungkap Mas Awang.

Umara Catering
F
oto Credit: Umara Catering

Lain halnya menurut Bpk. Adhia Absar, CEO dari Umara Catering yang sudah 3 tahun berkecimpung di dunia kuliner. Menurutnya, makanan merupakan suatu hal yang personal bagi pasangan calon pengantin. Untuk itu, pemilihan vendor catering yang terpercaya menjadi hal yang mutlak, karena lewat makanan, calon pengantin dapat mengukir momen yang akan diingat sepanjang masa. Untuk itu pastikan vendor catering yang dipilih hanya menggunakan bahan-bahan makanan yang segar dan berkualitas dengan penyajian menu makanan yang apik dan menarik.

Menu makanan yang lezat serta porsi yang tepat tentunya akan membuat pesta pernikahanmu menjadi tak terlupakan bagi para tamu undangan. Selamat berhitung !

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870