Menikah Di Tahun Pemilu?

ditulis oleh Arief Rachman untuk www.aafoto.co.id

Semua orang lagi hangat membicarakan rencana pemilu 2009. sesuatu yang menarik untuk dibicarakan karena menyangkut hak orang banyak. Menarik juga jika dibicarakan dari sudut pandang pernikahan. Lhah, lalu apa hubungannya? Ya… karena pemilu sangat terkait dengan massa kampanye maka banyak orang yang mulai memperhitungkan hari pernikahannya. Tentu saja mereka memilih hari yang tidak berbenturan dengan waktu kampanye ataupun pencoblosan. Jumlah sementara secara resmi dilaporkan 33 partai peserta pemilu, tentu saja membuat bergidik orang yang mau menikah jika harus berpapasan dengan massa kampanye. Kemungkinan besar yang terjadi pada masa kampanye adalah kemacetan luar biasa di jalan-jalan besar di Jakarta.
Menengok kebelakang pada saat Pemilu tahun 2004, banyak sekali penumpukan pesta pernikahan pada bulan-bulan diluar masa kampanye dengan alasan utamanya adalah faktor keamanan. Hal tersebut mempersulit calon pengantin yang terlambat persiapan pernikahannya jika harus mencari vendor yang tersedia dalam waktu yang diinginkan. Berikut ini saran yang bisa Anda perhitungkan,

1. Mempersiapkan pesta pernikahan jauh hari termasuk menentukan tanggal pernikahannya. Idealnya menentukan dan mempersiapkan pesat pernikahan satu tahun sebelumnya. Memilih tanggal dan bulan yang mana tidak ada waktu kampanye atau kegiatan pemilu. Jika dilihat dari hari pencoblosan memang masih aman yaitu jatuh pada hari Kamis, 9 April 2009. Akan tetapi kampanye rapat umum hingga masa tenang berlangsung sekitar 20 hari dimulai dari tanggal 17 Maret 2009 hingga 8 April 2009. Untuk kampanye putaran kedua dimulai pada bulan september 2009 (tentative). Berikut ini saya kutipkan dari sumber detik.com

a. Penetapan verifikasi partai politik, 5 - 7 Juli 2008
b. Pengumuman parpol peserta pemilu dan nomor urut parpol, 9 Juli 2008
c. Penetapan daerah pemilu, 8 - 10 Juli 2008
d. Sosialisasi pencalonan daerah pemilu, 14 Juli 2008
e. Pendaftaran calon anggota DPD diperpanjang sampai dengan 14 Juli 2008
f. Masa kampanye selain rapat umum, 12 Juli 2008 - 5 April 2009
g. Kampanye rapat umum, 17 Maret 2009 - 5 April 2009
h. Masa tenang, 6 - 8 April 2009
i. Pencoblosan, 9 April 2009.

2. Jika Anda harus tetap mengadakan pada masa kampanye atau pencoblosan maka yang harus anda lakukan adalah pintar-pintar menentukan lokasi. Kampanye besar hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan untuk mengadakan pesta di kota-kota wisata semacam Bali & Lombok atau menyelenggarakannya di private island. Selain menghindari kampanye, Anda juga mendapatkan suasana yang lebih indah. Namun jika Anda harus mengadakan pesta di Jakarta, silahkan Anda memilih lokasi venue di pinggiran kota Jakarta semacam Sentul Mansion, The Lodge Jagorawi, Harvest Dome, dsb. Pemilihan lokasi tersebut sangat beralasan karena sangat sedikit sekali massa kampanye melakukan konvoi di wilayah-wilayah tersebut. Selain itu venue yang saya sebutkan memiliki akses tol langsung dari dan menuju Jakarta.

3. Anda harus mensiasati rencana pernikahan Anda dari sekarang. Tidak perlu takut atau bingung, jasa konsultasi pernikahan pada masa sekarang ini sudah bisa diajak bertukar pikiran sampai pada permasalahan memilih tanggal dan bulan pernikahan. Contohnya Manten Party yang membuka diri untuk diajak berdiskusi merencanakan tanggal pernikahan Anda. Wedding organizer yang berpengalan mampu menjadi advisor yang baik buat Anda dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Segera hubungi vendor wedding organizer yang menurut Anda bisa menjadi partner terbaik.

Before beginning, plan carefully. (Marcus T. Cicero)

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870