Model kebaya ekor vs kebaya gaun, pilih yang mana?

Jakarta, Mantenhouse – bagi couples perempuan yang sedang mempersiapkan pernikahan dan bingung mau menentukan model kebaya model seperti apa yang akan digunakan nanti, kali ini tim Mantenhouse akan membahas sedikit mengenai antara model kebaya ekor dan model kebaya gaun.

Tentu saja, masing-masing model memiliki kelebihan dan karakter tersendiri. Kebaya yang dimodifikasi modelnya seperti gaun (ballgown) mengandalkan penumpukan kain dibagian bawah, sehingga tubuh penggunanya akan terlihat lebih berisi karena aksen tumpukan kain tersebut. Kesan mewah layaknya anggota kerajaan Eropa akan mudah dimunculkan dengan kebaya gaun ini.

Sementara untuk penampilan yang berkesan simpel namun tetap anggun dan elegan sangat cocok memilih kebaya model berekor. Model kebaya berekor umumnya dibuat dengan jahitan yang pas dengan ukuran tubuh sipengguna, sehingga lekuk tubuh pengguna akan tergambar dari kebaya yang digunakan.

Untuk pemilihan warna, jika model kebaya ekor hampir cocok dengan semua pilihan warna yang akan diaplikasikan, tidak demikian dengan model kebaya gaun. Pemilihan warna harus benar-benar diperhatikan, apalagi jika tumpukan kain bagian bawah ingin ditunjukkan, harus diperhatikan apakah perpaduan warna yang akan digunakan akan matching atau tidak.

Jika dilihat dari postur tubuh, pemilihan kebaya gaun kurang cocok dikenakan oleh perempuan berpostur gemuk, karena pakaian ini memang akan membuat penggunanya kelihatan lebih berisi dan lebih gemuk.

Perhatikan juga untuk pemilihan bahan kain yang akan digunakan untuk membuat kebaya anda, couples! Untuk kebaya gaun,bahan satin, satin duchess,  satin taffetta, sutera asli maupun sutera sintetis sangat cocok dipilih untuk membuat kebaya gaun.

Untuk kebaya ekor, kain berbahan organdi, sifon, sutera, sutera rami, satin dan organza menjadi beberapa pilihan terbaik untuk pembuatan kebaya jenis ini.

Kedua jenis model kebaya modifikasi ini juga cocok jika ingin ditambahkan aksen batik. Terutama untuk kebaya ekor, cukup menjadikan kain batik sebagai rok bawahan, sementara pada kebaya gaun, penambahan kain motif batik dapat ditambahkan pada bagian bawah, pinggang maupun dijadikan bagian terpisah sebagai kemben luar atau ikat pinggang.

Nah keputusan terakhirnya ada ditangan couples sendiri, ingin menggunakan kebaya modifikasi yang seperti apa. Menjadikan pilihan model kebaya yang dikenakan artis juga bisa menjadi pilihan, apalagi jika postur tubunya mirip dengan anda.

(lde/MHDC)

 

Image: didadeux, aluira & Rumah Kebaya by Anne Avantie

 

 

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870