Model Kebaya Tepat Sesuai Bentuk Tubuh

Sebagian besar mempelai wanita dalam pernikahan tradisional menggunakan busana nasional kebaya pada saat pernikahan. Untuk itu, pemilihan kebaya yang tepat akan sangat menunjang penampilan di hari bahagia. Tidak sekedar busana, kebaya mampu menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan bentuk tubuh pemakainya dan menjadikannya pusat perhatian di hari istimewa.

"Sebelum menjahit atau membeli kebaya pengantin, ada baiknya calon mempelai wanita mengenali bentuk tubuhnya sendiri sehingga bisa menentukan model kebaya yang tepat. Selain itu perlu diperhatikan juga tema pernikahan dan tema warna dekorasi serta budget yang dimiliki agar kebaya yang digunakan dapat selaras dengan keseluruhan pesta", demikian dituturkan oleh Ibu Dida Mischavaro dari Didadeux Wedding House yang sudah malang melintang di dunia fashion khususnya kebaya pengantin.

Berikut ini tips memilih model kebaya yang tepat sesuai bentuk tubuh.

  1. Wanita dengan pundak lebar
    Pilih model kebaya yang tidak terlalu "berat" di bagian pundak dan leher. Siasati dengan kerah V untuk memper-ramping area bahu dan dada bagian atas. Jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi sehingga menimbulkan kesan yang penuhkebaya-bahu-lebar

     

  2. Wanita dengan pundak kecil
    Buat kebaya dengan model off shoulder sehingga akan menampilkan kesan bahu yang lebih lebar. Bantu area bahu dan dada agar terlihat lebihi penuh dengan menggunakan banyak aplikasi bunga / payet full, bordir, dll. Kerah tutup atau kerah shanghai juga bisa membantu menonjolkan area leher dan pundak agar lebih cantik.Kebaya Didadeux Bahu Kecil
  3. Wanita dengan panggul besar
    Ibu Dida menyarankan, untuk wanita berpanggul besar, sebaiknya tidak menggunakan kebaya two pieces melainkan kebaya panjang dari bahu hingga ujung kaki atau duyung (1 piece) untuk mengesankan tubuh yang lebih panjang dan ramping. Hindari penumpukan bahan di bagian panggul ke bawah karena akan membuat area tersebut tampak semakin besar.

    Kebaya Didadeux Duyung

  4. Wanita dengan panggul kecil
    Siasati bentuk tubuh kamu dengan menggunakan kebaya 2 pieces dan perbanyak aplikasi di bagian panggul. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memodifikasi rok kebaya dengan model ball gown.
    Kebaya Didadeux Ball Gown

Ibu Dida menambahkan, "Untuk wanita berbadan kurus, pilih warna kebaya yang terang untuk meng-highlight bentuk tubuh seperti warna-warna pastel yang saat ini sedang tren yakni broken white, pink, peach, sedangkan untuk wanita berbadan besar, samarkan bentuk tubuh dengan menggunakan warna-warna gelap seperti biru dongker dan hitam". Penggunaan bahan untuk kebaya pun sekarang sudah sangat beragam mulai dari bahan brocade, lace hingga bahan ringan seperti sifon, ungkap Ibu Dida.

Foto: Didadeux

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870