Percaya Tidak Percaya, Ini Lho Mitos-Mitos Unik Seputar Pernikahanmu

BSWF – Mitos tak pernah lepas dari kehidupan sebuah masyarakat, termasuk kita di Indonesia. Segala sesuatunya pasti memiliki mitos yang unik, seram, atau lucu. Mito-mitos ini  Pernikahan di Indonesia pun memiliki mitos sendiri. Namun namanya mitos belum tentu benar. Namun tidak ada salahnya mengetahui beberapa mitos seputar perkawinan di Indonesia. Apa saja? Yuk lihat di bawah ini.

 

Gaun Pernikahan Harus Putih

Hampir setiap pernikahan kita melihat pengantin perempuan mengenakan warna putih. Kabarnya menggunakan gaun putih adalah melambangkan kesucian. Padahal faktanya sah-sahnya mengenakan gaun berwarna apa saja dalam pernikahanmu. Hanya gaun berwarna putih memang lebih umum digunakan saat pernikahan.

 

Jangan Keluar Rumah Saat Dipingit

Saat dipingit seseorang perempuan dilarang keluar rumah sama sekali. Mitos ini sebenarnya muncul dengan tujuan mengurangi risiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat menjelang pernikahanmu, seperti mengalami celaka di jalan raya yang bisa saja terjadi apabila kamu tidak berhati-hati.

 

Menangis Pada Saat Pernikahan Tanda Banyak Rezeki

Menurut orang zaman dahulu menangis saat pernikahan adalah pertanda akan mendapatkan rezeki yang banyak. Cerita di balik itu adalah, jika pernikahan itu diibaratkan sebagai ladang maka air mata itu adalah air yang menyuburkan ladang itu. Padahal sebenarnya pasangan sering menangis haru karena bahagia saat pernikahan bukan. Namun karena filosofi dibaliknya baik, tidak salah juga diaminkan bukan.

 

Keromantisan Berkurang Setelah Menikah

Ada yang bilang setelah menikah api romantisme di antara kalian malah semakin meredup dibandingkan saat pacaran. Hal ini muncul karena setelah menikah akan ada banyak tanggungan. Kenyataannya tidak juga. Semua kembali kepada masing-masing pasangan tersebut. Malah banyak juga yang lebih bahagia karena menikmati proses menanggung tanggung jawab berdua setiap hari dengan cara saling mendukung.

 

Calon Pengantin Pria Dilarang Bertemu Pengantin Wanita

Ada beberapa budaya di Indonesia yang melarang pengantin pria bertemu dengan pengantin wanita sebelum hari pernikahan mereka. Ada beberapa alasan yang mungkin  saja menjadi dasar munculnya mitos ini, yaitu, sama seperti pada saat pingitan, agar keduanya terhindar dari hal-hal yang mencelakakan. Alasan selanjutnya adalah agar menghindari  keduanya melakukan hal yang belum sepatutnya dilakukan sebelum pernikahan.

 

Menikah Mendahului Kakak akan Mempersulit Dia Mendapat Jodoh

Mitos ini lumayan sering terdengar di Indonesia. Banyak adik yang biasanya mengulur waktu menikahnya hanya karena tidak ingin melangkahi . Sebenarnya sih tidak ada masalah untuk menikah jika ternyata jodohmu datang lebih dulu dari kakakmu. Namun karena budaya Indonesia kental dengan tata karma, di mana kita harus menghormati dan mendahulukan orang tua maka munculah mitos seperti ini. Percayalah jodoh sudah ada yang mengatur. Jika ternyata kamu lebih dulu menikah ketimbang kakakmu, yakinlah kamu tidak sedang mempersulit jalan jodoh kakakmu. Tetap minta izin kepada kakakmu untuk menikah lebih dulu dari kakakmu sebagai tanda kamu menghormati dia sambil tidak lupa mendoakan agar kakakmu dapat segera mendapatkan pasangan hidup.

 

Unik-unik ya mitos-mitos seputar perkawinan di Indonesia. Dalam menghadapi mitos kamu harus berpikir lebih terbuka dan kritis. Pahami bahwa ada hal-hal filosofis yang melandasi timbulnya mitos-mitos tersebut. Ambil yang baik, buang yang buruk.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870