Pernikahan Tradisional & Modern, Bedanya Apa?

BSWF - Pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, karena itu setiap pasangan pasti memiliki harapan acara pernikahannya berlangsung dengan istimewa. Sebelum pernikahan dilakukan biasanya akan ada pertanyaan mengenai tema yang akan digunakan. Tradisional atau modern?

Bagi kamu yang muda biasanya lebih menyukai konsep modern karena lebih praktis, simpel, minimalis. Sementara pihak orang tua, biasanya, akan lebih memilih pernikahan yang tradisional atau adat. Sebelum memutuskan konsep mana yang kamu akan gunakan, lebih baik cari tahu perbedaannya. Apa saja perbedaannya? Yuk, cek dibawah ini.

 

Lokasi Acara

Tema yang kamu pilih tentunya akan mempengaruhi pemilihan lokasi acara pernikahan. Jika kamu memilih tema moderen maka tempat-tempat dengan dekorasi yang simpel mungkin bisa jadi pilihan. Konsep luar ruang seperti pesta kebun pun bisa dilakukanan karena tidak perlu memasang dekorasi yang berbau adat daerah asalmu.

Jika kamu memilih konsep pernikahan tradisional, tentunya lokasi indoor lebih cocok, karena dekorasi adat dapat dimaksimalkan di dalam ruangan.  Dalam prosesi adat pernikahan beberapa budaya ada yang memakan waktu cukup lama, karena itu lokasi indoor cocok untuk mengakomodasi hal tersebut.

 

Busana & Warna

Busana yang akan kamu gunakan di penikahan tradisional tentunya akan jauh berbeda dengan busana yang akan kamu gunakan pada pernikahan modern. Pada pernikahan tradisional kamu akan menggunakan pakaian adat daerah. Pakaian adat cenderung memiliki bentuk yang menarik dan memiliki corak warna yang lebih banyak. Jika didesain dengan menarik, pakaian adat bisa membuatmu tampil lebih cantik lho. Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi  desain yang cocok untukmu.

Pada pernikahan modern, busanamu dapat menggunakan desain yang lebih sederhana. Pemilihan warna dapat jatuh pada warna-warna umum yang muncul di pernikahan yaitu hitam dan putih.

 

Riasan & Tata Rambut

Riasan pada konsep pernikahan tradisional dan modern juga berbeda. Pada konsep tradisional kamu akan didandani dengan tampilan yang lebih semarak alias agak “menor” agar terlihat menonjol di tengah-tengah pesta. Pada konsep tradisional rambutmu juga tidak akan jauh-jauh dari sanggul serta menggunakan hiasan kepala.

Untuk pernikahan moderen, tata riasmu bisa lebih santai. Kamu bisa menggunakan gaya make up apa saja dan gaya rambut apa saja yang sesuai dengan seleramu. Mulai dari dari yang elegan hingga yang simpel.

 

Nah, sekarang kamu mau pilih yang mana? Tradisional atau modern? Atau malah suka dua-duanya? Jika kamu menyukai dua-duanya kamu bisa kok mengkombinasikannya dalam acara pernikahanmu nanti. Menggunakan  tema modern pada saat akad/pemberkatan kemudian menggunakan tema tradisional pada saat resepsi. Seru kan?

Jika kamu sedang mencari vendor-vendor pernikahan untuk acara pernikahanmu, yuk datang ke Balai Sudirman Wedding Fair. Ada 100 vendor gedung, katering, dekorasi, fotografi, musik untuk pernikahan tradisional terbaik. Jangan lupa juga untuk mengikuti Twitter & Instagram Balai Sudirman Wedding Fair untuk info dan tips persiapan pernikahan yang menarik dan berguna.

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870