Sederhanakan Biaya Busana Pengantin

Biaya pengantin membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi khusus untuk biaya busana. Namun ada trik-trik untuk melakukan penghematan yang mungkin bisa menjadi referensi Anda bersama pasangan dalam mempersiapkan momen bahagia pernikahan. Nah, ini dia tips menekan budget dalam persiapan pernikahan :

1. Model Busana

Biasanya, kebaya menjadi pilihan banyak wanita untuk gaun pengantinnya. Pemilihan model kebaya juga mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya. Misalnya jika memilih kebaya dengan buntut panjang, berarti Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli kain serta biaya menjahit. Apalagi ingin tampil seragam dengan keluarga besar, itu tentu menguras pengeluaran semakin 'membengkak'. Atau memodifikasi kebaya tradisional jadi nampak modern dengan rancangan khusus, itu justru membuat konsentrasi calon pengantin wanita akan terfokus pada satu sisi hanya busana saja.

Memilih detail untuk kebaya juga bisa membuat Anda menghemat biaya. Jika memilih kristal swarovski untuk seluruh detail kebaya, biaya yang dikeluarkan akan melonjak jauh. Lebih baik padukan swarovski dengan payet yang jauh lebih murah. Memakai sulaman pita pada kebaya juga kini tengah menjadi trend.

Bagi Anda yang memilih gaun sebagai busana pengantin, hal yang dilakukan untuk berhemat pun sama. Pilihan gaun yang bentuknya lebih sederhana, nyaman dipakai selama acara berlangsung namun tetap memancarkan kecantikan alami calon mempelai wanita.

2. Rencanakan Berbelanja

Membeli busana pengantin dari jauh-jauh hari bisa membantu Anda berhemat. Biasanya setiap akhir tahun, banyak butik-butik busana pengantin yang memberikan potongan diskon untuk koleksi mereka. Pilihlah busana yang modelnya long-lasting sehingga tidak terlihat kuno atau ketinggalan jaman saat Anda memakainya nanti.

Memberikan sedikit sentuhan baru pada gaun atau kebaya yang sudah dibeli juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tambahkan aksen yang menarik, sederhana dan tetap mengedepankan kecocokan dengan busana inti yang akan dikenakan. Misalnya penambahan renda, bordir, sulam pita, payet yang tidak berlebihan sehingga tidak menampilkan kesan 'norak' bagi mempelai wanita.

3. Menyewa Busana Pengantin

Keberadaan butik busana pengantin atau bridal's yang menyewakan koleksinya kini mulai mudah untuk dicari. Harga yang harus dikeluarkan tentu saja jauh lebih sedikit ketimbang membeli atau menjahit busana pengantin.

Anda tetap bisa tampil dengan gaun atau kebaya dengan model terbaru saat pesta pernikahan, namun dengan biaya yang lebih hemat. Tak perlu khawatir, butik menyediakan beragam model, warna, bahan, hingga ukuran yang mampu membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan busana. Konsultasikan dengan pengelola butik dan luangkan waktu Anda lebih banyak untuk lebih leluasa dalam memilih busana yang akan dipakai. (*/dwianeu)

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870