Tips: 4 Cara Mudah Menghemat Biaya Pernikahan

Pesta pernikahan merupakan salah satu ritual yang banyak menghabiskan biaya. Namun jangan sampai, biaya terbatas membuat pesta pernikahan Anda tak berjalan maksimal.

Ada beberapa cara berhemat dalam merancang pesta pernikahan. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip dari Sheknows.

1. Hitung ulang jumlah undangan

Membuat daftar undangan dapat menghemat beberapa hal, yaitu jumlah cetakan undangan, jumlah porsi makanan, serta jumlah souvenir. Pastikan orang-orang yang diundang benar-benar mereka yang mengenal Anda dengan baik. Jangan membuang-buang biaya dengan mengundang orang-orang yang tak memiliki hubungan yang dekat dengan Anda maupun pasangan.

2. Prosesi pernikahan
Jika memang budget yang Anda dan pasangan sangat ketat, maka tak perlu membuat prosesi pernikahan yang panjang, misalnya memakai adat dan sebagainya. Lebih baik padatkan jadwal pernikahan menjadi satu hari, misalnya bagi Anda yang muslim, gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi menjadi satu. Begitu pula bagi yang nasrani, acara pemberkatan serta pesta resepsi juga bisa dijadikan satu hari. Selain menghemat biaya dalam hal prosesinya, budget untuk dokumentasi pun menjadi berkurang. Anda, pasangan serta keluarga besar pun tak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu besar untuk menjalankan prosesi pernikahan yang panjang.

3. Gunakan rekaman musik ketimbang band
Menyewa band dalam pernikahan Anda juga memerlukan biaya yang cukup besar. Jika memungkinkan, cukup sediakan rekaman lagu-lagu kenangan Anda dan pasangan, lalu gunakan pemutar musik untuk mengalunkannya. Anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk sound system, tanpa harus menyewa band dan alat musiknya.

4. Menyewa baju pengantin
Tak dipungkiri, wanita manapun pasti ingin memiliki baju pengantinnya sendiri. Namun Anda juga harus realistis. Jika budget Anda terbatas, sebaiknya pilihlah penyewaan busana pengantin yang baik. Ketimbang memaksakan membuat baju dengan budget yang ada, hasil yang Anda dapatkan malah tidak maksimal. Kini banyak juga butik pengantin yang menyediakan penyewaan kebaya dan gaun pengantin, dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun tetap bisa tampil cantik di pesta pernikahan.

Sebagai tips, jangan membatasi budget Anda dalam memilih undangan, catering dan dokumentasi. Undangan adalah kesan awal para tamu mengenai pesta pernikahan Anda. Jangan sampai mereka menilai buruk pesta Anda karena undangan yang salah cetak atau kurang rapi.

Catering pun tak kalah pentingnya. Salah satu yang paling diingat tamu dalam pernikahan Anda adalah kelezatan makanannya. Pastikan catering yang Anda pilih berkualitas dan terpercaya.

Dokumentasi adalah kenangan Anda dan suami yang bisa diingat sampai tua nanti. Dokumentasi yang bagus akan membuat kenangan Anda dan pasangan mengenai pernikahan juga baik. (kee/kee)

Sumber: Amelia Ayu Kinanti – wolipop.com

Foto: Thinkstock

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870