Tips Merancang Kebaya Modifikasi

JAKARTA - Mantenhouse   Dalam Seminar Rancang Kebaya yang digelar beberapa waktu lalu di Jakarta, desainer Lenny Agustin berbagi tips seputar perancangan kebaya modifikasi. Lenny menjelaskan, ada enam gaya karakter berpakaian dari kepribadian wanita yang perlu kita ketahui sebelum mulai merancang pola kebaya:

    1. Classic elegant: Menyukai gaya timeless, klasik (bukan kuno), anggun, dengan bentuk dan warna basic
    2. Feminine romantic: Menyukai pakaian girly, bermotif floral atau warna pastel
    3. Sporty casual: Menyukai baju yang nyaman dan tidak membatasi gerak
    4. Exotic dramatic: Menyukai gaya busana avant garde, miss drama, suka memakai aksesori berlebihan
    5. Artsy of bit: Nyeni, menyukai aksesori yang punya nilai seni
    6. Sexy alluring: Atraktif dan seksi

Keenam tipe ini perlu kita pahami guna menemukan tipe yang paling mewakili kepribadian si calon pemakai kebaya. Tidak menutup kemungkinan, satu orang memiliki lebih dari satu karakter di atas. Tak cuma itu, mengenal karakter diri sendiri juga penting sebelum membuat desain. Cari karakter busana yang kita sukai. Jika kesemua yang di atas berhasil diperoleh, barulah mulai membuat rancangan. Simak beberapa tips berikut ini:

OCCASION Tentukan kesempatannya, untuk acara casual atau pesta? Ketahui lokasinya, indoor atau outdoor? Menemukan inspirasi sesudah mengetahui konsep acara niscaya lebih mudah, dan desain kita akan terus mengalir dengan sendirinya. Namun pastikan bahwa setiap garis desain punya alasan, sehingga kita punya konsep kuat untuk menjelaskan ide kita. Tips dari Lenny: Buatlah rancangan orisinal yang asli berdasarkan kreasi sendiri, bukan meniru rancangan kebaya orang lain.

MATERIAL Cari bahan yang sesuai dengan konsep yang dibuat. Rajin-rajinlah ‘bersahabat’ dengan toko kain. Semakin sering kita mengamati bahan, semakin mahir kita membedakan antara bahan mahal dengan yang murahan. Akan tetapi, jangan mudah menyerah pada bahan. Bahan yang kualitasnya murah bisa jadi bagus kalau cara menjahitnya bagus.

LOGIC Ukurlah tubuh apa adanya. Jangan membuat pola dengan terpaku pada rumus. Kalau perlu, buat dulu dummy untuk menghemat waktu dan menghilangkan kekhawatiran akan kegagalan ketika menggunakan bahan mahal. Jika sudah pas, barulah buat kebaya sesuai pola dummy.

TREND Bagaimana agar kebaya terlihat modern dan trendy? Mudah. Lihat saja arah kecenderungan tahun ini. Perhatikan detail cutting yang sedang digandrungi orang-orang. Amati trennya. Mendesain tanpa melihat tren kadang bisa membuat pakaian yang kita buat terlihat kuno. Banyak membaca model-model pakaian di dalam majalah juga bisa membantu. Tapi hati-hati, melihat bukan berarti meniru.

INNOVATION Jangan ragu untuk memasukkan unsur baru. Kebaya tidak harus selalu berbahan brokat, menggunakan mote, atau berlengan panjang. Kebaya bisa saja menggunakan tulle, tidak menggunakan mote sama sekali, dan berlengan pendek, misalnya. Bahan pun bisa dicampur-campur, sebagaimana desain bisa ‘dimain-mainkan’. Inspirasi bukan berarti membuat baju persis seperti kondisi yang kita lihat. Pancing adrenalin untuk menciptakan ide baru dengan mengamati benda dan suasana.

Narasumber: Lenny Agustin dalam Seminar Rancang Kebaya

(aimée)

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870