Undangan Terbatas, Bingung Tentukan Daftar Tamu? Berikut Tipsnya!

Jakarta, Mantenhouse.com – Hal utama yang paling menentukan besar kecilnya anggaran pernikahan adalah seberapa banyaknya tamu undangan. Semakin banyak tamu undangan maka biaya catering, undangan, dan souvenir pun ikut bertambah. Membuat daftar undangan memang gampang-gampang susah karena menyangkut jumlah orang yang diperkirakan hadir plus disesuaikan dengan jumlah hidangan yang tersedia, namun jangan sampai tamu-tamu yang datang ada yang tidak kebagian makanan ya couples. Untuk menghindari kekecewaan para tamu undangan, atau bila undanganmu memang terbatas, kamu perlu mensiasatinya. Setelah menentukan dan membatasi jumlah undangan, bagaimanakah solusinya untuk menentukan siapa saja yang perlu kamu undang di hari sakralmu? Yuk simak tips berikut!

1. Siapkan wedding invitation checklist

Yang satu ini memang hal yang paling utama dalam menentukan tamu undangan. Buat daftar rinci tamu per kategori mulai dari keluarga pengantin Laki-laki, pengantin perempuan, teman sekolah, teman kerja, relasi, tetangga, kerabat dari orang tua, dan lain-lain. Jumlah tamu yang akan diundang harus disesuaikan dengan total budget pernikahan, kemudian pastikan tidak melebihi batas kapasitas ruang resepsi. Hal ini harus disiapkan dari jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan.

2. Tentukan seberapa penting mereka

Setelah membuat list undangan, di poin ini kamu harus mulai membatasi nama-nama yang akan kamu undang. Diskusikan dengan orang tuamu dan pasanganmu untuk menentukan apakah mereka penting untuk kamu undang?

3. Tentukan seberapa dekat kamu dengan mereka

Batasi juga apakah kamu dekat dengan semua tamu yang akan kamu undang? Bila ada saudara jauh yang memang tidak dekat dengamu atau teman lama yang sudah tidak akrab denganmu maka tidak perlu kamu undang bila memang undangamu terbatas. Tidak usah merasa tidak enak untuk tidak mengundang orang yang memang tidak begitu kamu kenal dekat, karena kemungkinan mereka untuk hadir pun sedikit.

4. Tentukan perwakilan

Di poin ini diperlukan sikap bijaksana dan jujur, misalnya ingin mengundang teman SMAmu, tidak perlu kamu undang satu kelas, cukup beberapa orang perwakilan yang memang masih akrab denganmu. Atau ingin mengundang teman kantor, tidak perlu semua orang kantormu mendapat undangan, pilihlah beberapa orang yang penting dan kenal dekat denganmu. Kemudian bagi pihak yang tidak kamu undang ada baiknya kamu jujur dan jelaskan kepada mereka bahwa undanganmu memang terbatas. Bila kamu merasa tidak enak ada beberapa teman kantormu tidak di undang, kamu bisa membuat syukuran kecil setelah kamu menikah misalnya membawa tumpeng sebagai acara syukuran.

5. Cek daftar nama mereka di kontakmu

Apabila mereka memang kenal denganmu, periksalah apakah nama mereka ada di daftar kontak dan teleponmu. Ini bisa jadi sebuah cara sederhana untuk menentukan mereka akan diundang atau tidak. Jika kamu tidak memiliki kontak mereka, atau sudah ganti nomor sehingga kamu kesulitan menghubunginya, maka saatnya kamu mencoret namanya dari daftar list undanganmu.

6. Prioritaskan yang pasti dapat hadir

Bila ada saudara atau teman yang memang tinggal diluar kota, atau memiliki jadwal pekerjaan di akhir pekan ada baiknya kamu tanyakan apakah mereka dapat hadir, bila memang mereka tidak memungkinkan untuk datang, kamu dapat mengganti list mereka dengan tamu yang lain.

Dari sekian tips diatas, pasti ada saja yang diluar dugaan. Misalnya walau sudah membatasi undangan masih saja ada yang secara mendadak tidak bisa hadir atau malah tamu yang hadir diluar dari kapasitas undangan. Untuk itu sediakanlah hidangan yang lebih banyak dibanding jumlah tamu, lebih baik banyak hidangan yang tersisa dibanding tamu undanganmu tidak kebagian makanan. Happy wedding couples J

(achy/MHDC)

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870