Venue Semi Outdoor Berikut Cocok Untuk Menghelat Pernikahan Adat Jawa

Jakarta, Mantenhouse.com – Pernikahan dengan adat dan nuansa Jawa sering di temui di kota Jakarta. Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia dengan tradisi pernikahan yang sungguh kental, membuat masyarakat urban Jakarta yang berasal dari Jawa tak melepaskan kesakralan adat Jawa dalam resepsi pernikahan mereka. Tak hanya busana dan serangkaian prosesei adat Jawa namun  dekorasi dan arsitektur venue yang bernuansa Jawa kasik dengan elemen kayu, serta ornamen etnik Jawa dapat menambah kental suasana pernikahanmu.

Ternyata venue merupakan salah satu bagian dari pesta pernikahan yang memiliki andil besar. Bila kamu ingin menghudupkan nuansa Jawa dalam penikahan dengan memiimalisir budget dekorasi, kamu dapat memilih venue yang memang memilki arsitektur Jawa seperti rumah Joglo. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota Jogja atau Solo untuk menemukan venue pernikahan dengan arsitektur rumah Joglo karena ada beberapa pilihan weding venue dengan nuansa Joglo bertabur nuansa etnik Jawa yang kental yang berada di sekitar Jakarta. Menariknya beberapa tempat berikut ini memiliki konsep semi outdoor.

1. The Roemah 7a

roemah 7a wedding venue

Sentuhan nuansa khas tradisional di Roemah 7a ini menjadi daya tarik utama tempat ini yang kerap dijadikan venue perhelatan private wedding. Bisa dibilang, dengan kapasitas maksimal 600 orang (standing party meliputi areal indoor dan outdoor) dalam suasana klasik Jawa, menggelar perhelatan private wedding party di sini adalah pilihan yang tepat. Terletak di Jl. Lebak Bulus 1 no. 7A Jakarta Selatan, tempat ini dilengkapi dengan kolam renang dan halaman yang luas akan menambah suasana pernikahan akan semakin mewah. Menanggapi keberagaman budget yang dimiliki setiap pasangan calon pengantin, maka The Roemah 7A juga menyediakan beragam pilihan paket pernikahan.

2. Rumah Sarwono

rumah sarwono

Rumah sarwono merupakan venue yang satu itu cukup strategis, terletak di Jalan Raya Pasar Minggu Jl. Pasar Minggu KM. 18,2. Venue ini juga merupakan bagian dari Joglo Grup. Suasana arsitektur Rumah Joglo khas Solo ini terdiri dari 4 rumah dan mampu menampung tamu hingga 1200 orang dan memiliki lahan pakir yang cukup luas.

3. Pendopo Kemang

pendopo kemang wedding

Pendopo Kemang ini terletak di salah satu kawasan elit di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di jalan Kemang Selatan No. 101 Jakarta Selatan. Pendopo Kemang ini adalah tempat resepsi yang berkonsep mixed indoor dan outdoor, terdiri dari bangunan yang menyerupai rumah joglo dan kaya akan sentuhan ornamen jawa. Bangunan Pendopo Kemang ini memang dapat menampung 500 tamu undangan, cocok untuk kamu yang menginginkan suasana pernikahan private yang hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

4. Griyo Notoredjo

griyo notoredjo

Salah satu tempat resepsi bernuansa Jawa lain yang bisa Anda jadikan rujukan adalah Griyo Notoredjo. Venue yang berlokasi di Komplek Telaga Golf Sawangan Nuansa Bali A1 No. 31, atau tepatnya di Jalan Muchtar Raya Sawangan, Depok ini, menyuguhkan pesona etnik asli Indonesia. Bayangkan saja, di tanah seluas 3000 meter persegi itu, terdapat tiga bangunan yang dua di antaranya menampilkan bentuk arsitektur rumah Joglo. Atmosfir di dalam bangunan sangatlah nyaman. Ruangannya luas tanpa sekat-sekat. Meski sudah berumur ratusan tahun, keindahan setiap elemennya, mulai dari pintu, dinding, gebyok berhiaskan ukiran, seolah tidak lekang dimakan waktu. Griyo Notoredjo ini mampu menampung 500 tamu undangan. Area parkir kendaraannya juga sangat luas

5. Omah Pawon

omah pawon ampera

Opsi lain untuk menghelat pernikahan  semi oudoor di tempat yang romantis namun tidak meninggalkan nuansa Jawa adalah di Omah Pawon. Lokasi Omah Pawon strategis dan tidak jauh dari pintu keluar tol, membuattempat ini punya nilai lebih, tepat di Jl. Ampera Raya No.2 Kemang
Jakarta Selatan.  Omah Pawon mampu menampung hampir 1.000 orang ini (400-500 undangan). Area Omah Pawon, ada 2 pendopo beratap, yang satu berukuran besar yang biasanya dijadikan pelaminan pegantin, yang satunya lagi berukuran kecil, dan biasanya digunakan untuk panggung musik. Kolam renang di Omah Pawon ini akan menambah suasana romantis di pesta pernikahan Anda.

6. Anjungan Jawa Tengah TMII

anjungan jawa tengah

Pernahkan kamu mengunjungi anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah? Ternyata anjungan ini dapat digunakan sebagai venue pernikahan. Perpaduan konsep indoor dan outdoornya menjadi perpaduan yang begitu cantik. Nilai plus dari tempat ini adalah luas areanya dapat menampung sekitar 700-800 undangan.

Tertarik untuk menghelat pernikahan dengan venue semi outdoor yang romantis namun tak meninggalkan unsur dan nuansa Jawa? Jangan ragu lagi untuk segera survei langsung ke lokasi untuk melihat langsung keindahan keenam venue diatas. (achy/MHDC)

images dari berbagai sumber

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870