Yuk Intip Busana Pernikahan Sumatera Barat Pakem dan Modifikasi

Jakarta, Mantenhouse.com – Siapa yang tak kenal ciri khas pengantin dari Sumatera Barat? Suntiang yang dikenakan dikepala mempelai wanita menjadi point of interest dari busana pernikahan Sumatera Barat. Suntiang adalah hiasan kepala pengantin perempuan di Minangkabau atau Sumatra Barat. Hiasan yang besar berwarna keemasan atau keperakan yang khas itu, membuat pesta pernikahan budaya Minangkabau berbeda dari budaya lain di Indonesia.

Tak hanya suntiang, busana pengantin Sumatera Barat terlihat elok dengan warna warninya yang cerah biasanya warna merah, emas, biru, dan silver. Untuk baju, Minangkabau hanya mengenal dua jenis baju, yaitu baju kurung basiba dan baju kurung melayu (kebaya panjang). Baju ke dua ini lazim digunakan di daerah psisir barat, parang dan pariaman. Demikian juga halnya dengan warna, baju adat MinangKabau punya warna-warna pakem yang menjadi ciri khasnya. baju kurung warna merah dan gold sebagai ciri daerah Padang dan warna hitam sebagai ciri daerah Solok.

Baju-baju adat MinangKabau yang biasanya adalah semacam baju kurung yang longgar (tidak ketat), tebal (tidak transparan, tidak menerawang, tidak tembus pandang), sopan, tertutup mulai dari leher sampai ke mata kaki dan dihiasi dengan tutup kepala yang bentuknya beraneka ragam sesuai dengan daerah asal yang lebih spesifik. Oleh karena baju adat minangkabau yang cenderung tertutup, longgar dan tidak transparan ini, maka sangat mudah memadukannya dengan jilbab tanpa menghilangkan unsur budaya aslinya.

Busana Pengantin Sumatera Barat yang sering ditemui saat ini adalah Busana Pengantin Sumatera Barat Pakem, dan Busana Pengantin Sumatera Barat Modifikasi. Karena zaman sekarang, kebaya atau baju kurungpun sudah dimodifikasi, sehingga selain nuansa kental Minangkabaunya terlihat jelas, perpaduan dengan trend terbaru membuat busana pengantin Sumatera Barat Menjadi lebih modern. Berikut perbedaan busana pengantin Sumatera Barat Pakem dan busana pengantin Sumatera Barat Modifikasi.

Sumatera Barat Pakem

sumatera barat pakem

Sumatera Barat Modifikasi

padang modifikasi

Nah, bagaimana couples, perbedaan antara busana pengantin Sumatera Barat Pakem dan Modifikasi? keduanya tetap mencerminkan busana pengantin Sumatera Barat yang mewah, anggun, ramah, dan santun. Semoga dapat menginspirasi, dan happy wedding couples.

(achy/MHDC)

Let's connect!

We're a friendly bunch.

Guest? Potential Sponsor? Questions? Get in touch.

Balai Sudirman
Jl. Dr. Saharjo No.268
Menteng Dalam, Tebet
Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
 
PHONE
(021) 8379162 info@balaisudirmanweddingfair.com
Parakrama Organizer
jl. Kelapa Gading II No. 2
Kramat Jati
Jakarta Timur
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
 
Phone
(021) 8092943 Saeful Saeful@parakramaorganizer.com ⁠+62 822-1777-1703⁠



BALAI SUDIRMAN
Jl. Dr. Saharjo No.268,
Tebet, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870